News

Cara Mendapatkan Vaksin Booster Gratis

0
mendapatkan vaksin booster
vaksin covid-19

STARJOGJA.COM, Info – Pemerintah gratiskan vaksin booster Covid-19 untuk masyarakat. Pemberian vaksin Covid-19 booster ini dijadwalkan akan dimulai besok, Rabu (12/1/2022). Bagaimana caranya mendapatkan vaksin booster gratis ini?

“Saya memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh rakyat Indonesia karena keselamatan rakyat adalah yang utama,” ujar Jokowi di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, (11/1/2022).

Presiden Jokowi mengatakan bahwa pemberian vaksin booster diprioritaskan bagi kelompok rentan dan lansia.

“Adapun syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk menerima vaksinasi ketiga ini adalah calon penerima sudah menerima vaksin covid-19 dosis kedua lebih dari 6 bulan sebelumnya,” lanjutnya.

Baca Juga : Epidemiolog Sarankan Jokowi Orang Pertama Disuntik Vaksin Booster

Adapun vaksin yang digunakan untuk booster yakni CoronaVac atau Vaksin Covid-19 Bio Farma, Comirnaty oleh Pfizer, AstraZeneca (Vaxzevria dan Kconecavac), Moderna, dan Zifivax.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengatakan bahwa suntikan vaksin booster bisa berplatform homologous (vaksin yang sama dengan dosis satu dan dua) maupun heterologous (vaksin yang berbeda dengan dua suntikan sebelumnya). Vaksin CoronaVac atau Vaksin Covid-19 Bio Farma, Vaksin Comirnaty dari Pfizer, dan vaksin AstraZeneca dapat diberikan sebagai booster homolog dengan satu dosis.

Sedangkan Vaksin Moderna dapat digunakan sebagai booster homolog dan heterolog (dengan vaksin primer AstraZeneca, Pfizer, atau Janssen). Kemudian untuk vaksin booster Moderna dapat diberikan cukup dengan dosis setengah (half dose). Penggunaan dilakukan sekurang-kurangnya enam bulan setelah mendapatkan dosis lengkap vaksinasi primer.

Terakhir, Zifivax sebagai vaksin booster heterolog dengan full dose untuk usia 18 tahun atau lebih dapat diberikan sekurang-kurangnya enam bulan setelah mendapatkan dosis lengkap vaksinasi primer (Sinovac atau Sinopharm).

Sumber : Bisnis

Bayu

Pemkot Jogja Akan Amankan Skuter Listrik di Jalan Raya

Previous article

Tips Diet Menurunkan Berat Badan dari Pakar Gizi UGM

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News