Kab Sleman

Baliho di Perempatan Concat Ambruk

0
baliho di perempatan Concat
baliho di perempatan Concat ambruk (lugas Harianjogja)

STARJOGJA.COM, Info – Hujan dan angin kencang melanda wilayah Condongcatur (Concat), Kapanewon Depok, Rabu (12/1/2022) siang. Meski tak lama, kencangnya angin menyebabkan satu baliho di perempatan Concat tepatnnya simpang Jalan Affandi-Ringroad Utara sisi barat daya, sebelah barat pos polisi ambruk.

Baliho yang roboh menimpa satu tiang lampu appil dan kabel listrik sehingga menyebabkan tiang listrik di dekatnya ikut roboh nyaris mengenai Apotek Depok. Akibat kejadian ini, lalu lintas di sekitar lokasi sempat mengalami kemacetan cukup panjang.

Kabid Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Bambang Kuntoro, menjelaskan baliho ambruk terjadi sekira pukul 14.00 WIB karena hujan dan angin kencang. “Alhamdulillah tidak ada korban,” ujarnya.

Baca juga : INFO WARGA : Baliho Ambruk Jalan Wates

Ia menyebut baliho ini memiliki tinggi sekitar 30 meter, yang merupakan baliho lama. Lantaran ukurannya yang besar, membutuhkan waktu lama untuk mengevakuasinya. “Cukup besar sehingga perlu peralatan yang memadahi. Kalau dari unit kami tidak memiliki alat untuk mengkondisikan,” katanya.

Maka pihaknya berkoordinasi dengan sejumlah pihak lain untuk mendatangkan alat yang lebih mumpuni untuk mengevakuasi, yakni las listrik besar. Dengan alat ini, baliho akan dipotong-potong terlebih dahulu sebelum dievakuasi. Ia juga melibatkan pihak pemilik baliho untuk ikut bertanggung jawab. “Disingkirkan dulu biar lalu lintas cepat lancar,” ungkapnya.

Panewu Depok, Wawan Widiantoro, menuturkan hujan mulai turun sekitar pukul 13.30 WIB yang kemudian disertai angin kencang. “Anginnya tidak terlalu lama tapi cukup kencang dan ternyata menyebabkan salah satu baliho yang ada di perempatan Condongcatur ini roboh [ambruk],” katanya.

Atas kejadian yang membahayakan pengendara dan warga sekitar ini, ia berharap dapat menjadi pelajaran bersama. “Kepada pihak yang berwenang maupun pemilik titik-titik reklame saya harapkan untuk diadakan pemeriksaan yang rutin periodik sehingga mana-mana yang rawan terjadi roboh apabila kena angin bisa terdeteksi secara dini,” ungkapnya.

Lalu lintas sempat macet akibat kejadian ini. Polisi pun menutup sementara beberapa akses jalan seperti dari selatan dan barat ke utara, dari utara ke barat dan selatan. Simpang empat UPN Veteran Yogyakarta juga sempat ditutup untuk jalur ke barat.

Sumber : Harianjogja

Bayu

Tol Jogja-Solo Bakal Mempersingkat Waktu Tempuh Perjalanan

Previous article

Butuh 15 Hari Pemda DIY Pindahkan PKL Malioboro

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman