Kab SlemanNews

Sleman Hari ini Kick off Vaksin Booster

0
vaksin booster

STARJOGJA.COM, JOGJA – Sleman , hari ini (12/01)  mulai melakukan kick off vaksinasi booster. Tahapan awal ini akan dimulai di wilayah  Ngaglik , dengan target 600 dosis.

” Kick off untuk vaksinasi booster dilakukan di Puskemas Ngaglik I. Sasarannya 600 dosis,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Sleman, Khamidah Yuliati akrab dipanggil dr Yuli dalam program Bincang Jogja Star FM, Selasa (11/01).

Menurutnya, booster vaksin diprioritaskan untuk lanjut usia (Lansia) di atas usia 60 tahun. Lansia masuk dalam kelompok rentan yang memiliki resiko tinggi terpapar covid-19 sehingga harus segera divaksin.

Dengan vaksinasi booster ini, nantinya apabila terpapar maka gejalanya lebih ringan dibanding belum divaksin.

” Dalam jangka waktu 6 bulan, antibodi Covid-19 orang yang telah divaksin menurun sedangkan pandemi belum dapat dipastikan kapan akan berakhir, maka imunitas kita terhadap Covid-19 harus tetap dijaga dan dipertahankan tetap tinggi, maka diperlukan yang namanya vaksinasi boosteratau vaksinasi lanjutan, ” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan Setelah kick off, penyuntikan vaksin booster akan dilanjutkan di Puskemas masing-masing. Karena selain penyuntikan booster, Dinas Kesehatan Sleman juga fokus untuk menyelesaikan target penyuntikan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun.

” Kami harap vaksinasi anak dan vaksin booster ini bisa berjalan beriringan,” terang dr Yuli.

Ia pun menyampaikan targetnya jika pada 27 Januari anak usia 6-11 tahun yang jumlahnya sekitar 95 ribu orang sudah selesai divaksin dosis pertama. Untuk dosis kedua ditargetkan bisa selesai pada Februari mendatang.

” Sejak di kick off tanggal 18 Desember 2021 lalu, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan sasaran anak usia 6-11 tahun terus digencarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. Dinkes bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Puskesmas wilayah untuk menyelenggarakan vaksinasi dengan sistem vaksinasi massal baik di Puskesmas, atau melalui pembukaan pos pelayanan vaksinasi di sekolah atay satuan pendidikan lainnya,” jelasnya

Ia menyampaikan dalam sehari ada sekitar 700-1000 anak berusia tersebut yang mendapatkan vaksin Covid-19 di Kabupaten Sleman. dr.Yuli pun mengajak masyarakat untuk mendukung kegiatan ini.

” Ayo kita Sukseskan vaksinasi Covid-19 pada Anak serta vaksinasi booster. Tetao patuhi protokol kesehatan dengan baik kapan pun dan dimanapun,” tutupnya.

Tips Diet Menurunkan Berat Badan dari Pakar Gizi UGM

Previous article

Tol Jogja-Solo Bakal Mempersingkat Waktu Tempuh Perjalanan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman