Health

Ribuan Pegawai UGM Disuntik Vaksin Booster

0
vaksinasi covid-19 Booster

STARJOGJA.COM, Info – Sebanyak 2.300 pegawai dan pensiunan pegawai Universitas Gadjah Mada mengikuti program vaksinasi lanjutan atau suntik vaksin booster di Grha Sabha Pramana UGM, Sabtu (22/1). Diantara ribuan peserta yang ikut hadir sebagai penerima vaksin dosis ketiga ini adalah Mantan Rektor UGM Prof. Dr. Sofian Effendi, MPIA.

Ketua Satgas Covid-19 UGM Dr. Rustamadji mengatakan ada sekitar 13 ribu pegawai dan pensiunan UGM akan mendapat suntik vaksin yang dilakukan secara bertahap. “Hari ini kita mengundang sekitar 2300 peserta,” kata Rustamadji ditemui di sela vaksinasi.

Untuk suntik vaksin ketiga ini,kata Rustamadji, pihaknya menggunakan jenis vaksin pfizer sebagai vaksin heterolog. Sebelumnya platform yang digunakan untuk dosis pertama dan kedua adalah vaksin sinovac.

”Dua kali dosis vaksin primer kita menggunakan sinovac, tapi yang ketiga ini dengan pfizer agar lebih heterolog karena pemerintah memandang akan lebih mampu meningkatkan daya kekebalan dan daya tahan tubuh kita,”paparnya

Baca juga : RSUD Sleman Buka Layanan Vaksin Booster untuk Lansia

Meski menggunakan jenis vaksin yang berbeda dari vaksin primer sebelumnya, Rustamadji mengatakan efek samping dari pemerintah vaksin relatif hampir sama. Umumnya pada pemberian vaksin primer hanya beberapa orang saja yang mengalami demam, sakit kepala, lemas, dan mialgia. Namun gejala tersebut hanya bersifat sementara. “Hari ini hanya ada satu peserta yang mengalami sedikit pusing setelah disuntik vaksin,”paparnya.

Untuk mensukseskan kelancaraan pelaksanaan vaksinasi lanjutan ini, kata Rustamadji, pihaknya mengerahkan sekitar 120 tenaga kesehatan yang secara bergantian akan terlibat dalam 6 kali kegiatan vaksinasi hingga akhir bulan januari ini. “Mereka terbagi menjadi 23 tim yang masing-masing beranggotakan 4 orang,” jelasnya.

Seperti diketahui, pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga oleh pemerintah ini dianggap penting untuk meningkatkan antibodi secara penuh untuk terhindar dari virus SAR-CoV-2. Melalui program vaksin booster ini, diharapkan warga masyarakat nantinya akan lebih semakin sehat dan tangguh dalam menjalankan aktivitasnya setelah nantinya pandemi berakhir dan covid-19 dinyatakan sebagai endemi.

Humas UGM

Bayu

Pemkot Yogya Tak Akan Menggugat Pengunggah ‘Tarif Parkir 350 Ribu’

Previous article

Dua Kasus Konfirmasi Covid-19 Varian Omicron Meninggal Dunia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health