News

Kasus Covid-19 Meningkat, Sultan HB X Meminta Persiapkan Penanganan Covid-19

0
ptm dievaluasi

STARJOGJA.COM, Info – Gubernur DIY Sri Sultan HB X meminta kepada kabupaten dan kota di DIY untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan penanganan Covid-19 seiring meningkatnya kasus harian hingga dua kali lipat termasuk antisipasi kemungkinan jika nanti terdeteksi ada Omicron. Mulai dari tempat isolasi terpadu atau isoter hingga keperluan obat-obatan harus dipersiapkan.

“Saya juga sudah minta tingkat dua [kabupaten dan kota] untuk menyiapkan isoter dan sebagainya,” kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Jumat (28/1/2022).

HB X menambahkan untuk penanganan Omicron hampir sama dengan penanganan Covid-19 pada umumnya. Terutama menyiapkan obat-obatan hingga kebutuhan oksigen. Saat ini Pemda DIY telah memiliki rumah untuk produk oksigen yang peralatannya dititipkan salah satu gedung di Balai Pengembangan Teknologi Tepat Guna (BPPTG). Setiap satu unit mampu menghasilkan antara 100 hingga 120 tabung ukuran besar jika beroperasi tanpa henti selama 24 jam.

Baca juga : Sultan HB X : Tidak Usah Membesar-besarkan Omicron

“Sama saja persiapan itu sama saja saya minta kabupaten dan kota juga menyiapkan obat-obatan. Itu termasuk [stok oksigen], kalau kita sudah memiliki pabriknya [produsen oksigen] jadi tidak begitu masalah,” kata Sultan.

Pemanfaatan isoter dapat dilakukan dengan mengaktifkan sejumlah gedung atau bangunan yang sebelumnya sudah dipakai sebagai tempat isolasi. “Kalau kita sudah siapkan isoter yang kemarin dipakai, ini kita siapkan lagi. Misal bangunan milik [dinas] PU, itu juga masih bisa dipakai,” ujarnya.

Akan tetapi sebagian besar yang positif saat ini melakukan isolasi mandiri di rumah. “Tetapi selama ini begitu diswab kan tidak tinggal di rumah sakit tetapi di rumah masing-masing karena hanya ringan, mungkin batuk, atau mungkin [suhunya] naik di atas 37 derajat,” ucap Sultan

Sumber : Harian jogja

Bayu

10 Warga di Gunungkidul Terpapar Gejala Antraks

Previous article

Aji Santoso akui lawan PSS pertandingan super berat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News