News

 India Segera Meluncurkan Rupee Digital

0
rupee digital
pasar di India

STARJOGJA.COM, Info – Keputusan India mengadopsi tren mata uang kripto semakin dekat setelah memutuskan segera meluncurkan rupee digital meskipun sempat bertahun-tahun bimbang.

Dilansir Bloomberg pada Selasa (1/2/2022), Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman mengatakan Reserve Bank of India akan meluncurkan mata uang bank sentral digital atau central bank digital currency (CBDC) pada 1 April 2022.

Negara ini juga berencana untuk mengenakan pajak pendapatan dari transfer aset virtual sebesar 30 persen, katanya, yang secara efektif menghilangkan ketidakpastian tentang status hukum dari transaksi tersebut.

Menteri Keuangan mengatakan peluncuran rupee digital akan mengantarkan manajemen mata uang yang lebih murah dan lebih efisien. Reserve Bank of India telah mengerjakan strategi implementasi bertahap, yang dapat mengurangi ketergantungan negara yang tinggi pada uang tunai.
India akan menyusul negara lain seperti China dalam mendorong mata uang versi digital karena mereka ingin memanfaatkan teknologi baru untuk membuat transaksi lebih efisien.

Pada saat yang sama, tarif pajak yang tinggi pada kripto dapat meredam lonjakan perdagangan di India meskipun ada peringatan bank sentral tentang risiko pencucian uang, pendanaan teroris, dan volatilitas harga.

“Memaksakan tarif pajak membuat perdagangan kripto resmi dan segala kekhawatiran tentang larangan tidak diperhitungkan lagi,” ujar salah satu pendiri dan Kepala Eksekutif Vauld, platform perdagangan kripto yang berbasis di Singapura, Darshan Bathija.

Namun, tarif pajak yang relatif tinggi dapat mendorong pedagang untuk pindah ke platform di negara lain, yang akan mengurangi pendapatan bagi pemerintah India, tambahnya.

Bitcoin naik lebih dari 2 persen dari level terendah hari ini setelah pengumuman soal pajak. Sejauh ini, India belum memiliki undang-undang yang mengatur perdagangan koin virtual meskipun regulator telah mengajukan larangan pada tahun lalu.

Namun, larangan itu tidak menghentikan jutaan orang India untuk mengikuti permintaan global terhadap aset digital. Pasar kripto lokal melonjak 641 persen pada tahun ini hingga Juni 2021, menurut laporan Oktober dari Chainalysis, sebuah perusahaan riset industri.

“Ada kenaikan fenomenal pada transaksi virtual dalam aset digital. Besarnya dan tingginya frekuensi transaksi ini telah membuatnya penting untuk menyediakan rezim pajak tertentu,” kata Sitharaman.
Sumber : Bisnis
Bayu

Terminal A Bandara Adisutjipto Yogyakarta Kembali Dioperasikan

Previous article

Pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto Tunggu Kajian Teknis

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News