News

Pembebasan Lahan Tol Jogja Bawen Tercepat di Indonesia, Kok Bisa?

0
Pembebasan lahan Tol Jogja Bawen
ilustrasi tol

STARJOGJA.COM, Info –  Pembebasan lahan Tol Jogja Bawen menjadi yang tercepat di Indonesia. Pemda DIY mengungkap penyebab cepatnya pembebasan lahan pembangunan tol.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY Krido Suprayitno mengatakan tingginya partisipasi masyarakat sangat besar. Sebagian besar pemilik lahan yang terdampak tol secara langsung ingin lahan mereka segera dibebaskan.

BACA JUGA: Ganti Rugi Tol Jogja Bawen, Warga Tirtoadi Ada Terima Rp14 Miliar

“Partisipasi masyarakat DIY untuk Tol Jogja-Bawen luar biasa, banyak yang ingin disegerakan [dibebaskan],” kata Kridodi di sela-sela rapat di salah satu hotel di Kota Jogja, Rabu (16/2/2022).

Ia berharap tingginya dukungan warga terhadap proyek tol membuat Pemerintah Pusat dapat menuntaskan pembebasan lahan dan memulai pembangunan fisik.

“Nanti kalau sudah dibebaskan, [warga pasti bertanya] kapan akan dibangunnya, ini kami berharap dalam waktu tidak terlalu lama. Pembebasan lahan sudah 92 persen, sehingga tinggal 8 persen,” ujarnya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Jogja Bawen Wijayanto mengatakan kesulitan pembebasan lahan Jogja-Bawen sebenarnya sama dengan proyek yang lain.

Perbedaannya, menurut dia di DIY masyarakatnya lebih rasional dan mudah diajak bermusyawarah sehingga pembebasan lahan Tol Jogja Bawen lebih cepat menemukan titik temu ketika ada persoalan di lapangan.

“Bukan tanpa kendala juga sebenarnya, tetapi masyarakatnya [Jogja] bisa diajak musyawarah, berembuk, diajak diskusi bareng,” katanya.

 Sumber :  Harian Jogja
Bayu

Dua Kunci Utama Menghadapi Pandemi Covid-19 Varian Omicron

Previous article

Wah Hujan Lebat Sebabkan 7 Titik Pergerakan Tanah di Bantul

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News