Kota JogjaNews

Konsultasi Ekspor Impor Lebih Mudah Dengan JBSC

0
JBSC
Talk show Bea Cukai. FOTO : Boby V

STARJOGJA.COM.JOGJA – Bea Cukai, Bank Indonesia dan Pemprov DIY berkolaborasi menghadirkan format baru website Jogja Business Service Center (JBSC). JBSC menjadi wadah komunikasi dan konsultasi untuk mempermudah dan memfasilitasi para pelaku usaha ekspor impor di Yogyakarta.

Turanto Sih Wardoyo, Kasi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai VI Kantor Bea Cukai Yogyakartamengatakan dengan adanya JBSC, pelaku usaha dapat berkonsultasi mengenai ekspor impor dengan instansi dan lembaga terkait secara interaktif.

“JBSC ini merupakan solusi bagi masyarakat yang mengeluhkan birokrasi.Ini kolaborasi instansi yang melayani ekspor impor, sehingga masyarakat bisa berkomunikasi maupun berkonsultasi dengan instansi pemerintah dalam satu pintu,” jelasnya kepada Star FM.

Ia juga mengatakan Bea Cukai juga memiliki beberapa langkah kongkrit untuk mendukung pemulihan ekonomi, antara lain Klinik Ekspor untuk mereka yang ingin meningkatkan usahanya hingga ke level ekspor. Ada pula layanan informasi di Mall Pelayanan Publik.

“Bea Cukai siap mendukung dan berkolaborasi dalam rangka mendorong industri di Yogyakarta agar dapat bersaing di pasar global dengan melakukan ekspor hasil produksinya,” lanjutnya.

Ia menambahkan Bea Cukai juga memberikan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor untuk IKM (KITE IKM). Ada kemudahan-kemudahan yang diberikan, seperti pembebasan Bea Masuk (termasuk Bea Masuk Tambahan) dan tidak dipungut PPN/PPnBM atas impor bahan baku.

“ Badan usaha penerima fasilitas KITE IKM wajib melakukan proses produksi sampai dengan ekspor hasil produksi dalam kurun periode KITE IKM tersebut,” tegasnya.

Ukraina Mengaku Ditinggal Sendirian NATO setelah Serangan Rusia

Previous article

PAKSIJI, Fasilitator Antikorupsi DIY Resmi Dikukuhkan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja