Kab SlemanNews

Long weekend, Wisata Sleman Harus Perketat Prokes

0
wisata gunung merapi
ILUSTRASI : Obyek wisata Gunung Merapi

STARJOGJA.COM.SLEMAN – Industri wisata Sleman terdampak dengan pemberlakukan PPKM level III yang diberlakukan sejak awal Februari 2022. Dinas Pariwisata Sleman yang memantau beberapa destinasi wisata, melaporkan angka penurunan kunjungan wisata berkisar 20-50 persen.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Suparmono mencontohkan, angka kunjungan wisata di Kaliurang, turun sekitar 45 persen dibanding sebelum diberlakukan PPKM level III. Dari rata-rata per hari 1.500 pada Januari menjadi 800 pengunjung pada Februari 2022. Meski begitu, destinasi untuk Sleman bagian timur seperti Tebing Breksi, penurunan ternyata tidak sebesar destinasi-destinasi yang lain.

Ia juga mengatakan ada penurunan signifikan terhadap tingkat ketersediaan kamar hotel.

“Awal Februari tingkat hunian hotel di rata-rata 75 persen untuk weekdays, untuk weekend di rata-rata 80-100 persen, pada rentang penerapan PPKM level III sebelum long weekend akhir Februari ini tingkat hunian hotel di rata-rata 50-75 persen,” kata Suparmono kepada starjogja.com, Jumat (25/2).

Untuk long weekend Februari 2022, tingkat hunian hotel Kabupaten Sleman relatif sudah menurun. Meski begitu, Suparmono mengingatkan, adanya potensi pergerakan pariwisata long weekend Februari besok, harus tetap disikapi dengan kewaspadaan.

Ia menegaskan, protokol kesehatan baik di destinasi maupun UJP harus diperketat. Satgas Penanganan Covid-19 di masing-masing tempat dipastikan diaktifkan untuk memastikan prokes dilaksanakan dengan ketat, kapasitas dipastikan 25 persen.

“Tidak boleh ada pertunjukan yang berpotensi menimbulkan kerumunan dan selama libur . Dispar dan Satpol PP akan tetap melakukan monitoring. semua pengelola destinasi dan UJP harus menerapkan prokes melindungi wisatawan, karyawan maupun lingkungan,” tegasnya.

Shelter Covid-19 Bukan Hanya Untuk KTP DIY Saja

Previous article

BNPB dan BPBD DIY Gencarkan Kampanye Pemakaian Masker

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman