Flash InfoSport

Resmi! FIFA Coret Timnas Rusia dari Piala Dunia 2022

0
futsal

STARJOGJA.COM, SPORT –  Timnas Sepakbola Rusia resmi dicoret dari kualifikasi Piala Dunia 2022 setelah diskors dan dilarang untuk mengikuti seluruh kompetisi internasional di bawah FIFA dan UEFA.

Hal tersebut disampaikan FIFA dan UEFA dalam pernyataan bersama Senin (28/2) waktu setempat. Adapun, badan sepak bola Eropa UEFA mengakhiri kemitraannya dengan raksasa energi Rusia Gazprom.

Tim putra Rusia dijadwalkan bermain dalam babak playoff kualifikasi pada Maret untuk Piala Dunia Qatar akhir tahun ini, sedangkan tim putrinya telah lolos ke putaran final Piala Eropa di Inggris yang akan digelar Juli. Pengumuman itu juga mempengaruhi klub-klub Rusia yang terlibat dalam kompetisi Eropa.

“FIFA dan UEFA hari ini telah memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia, baik tim perwakilan nasional maupun klub, akan ditangguhkan dari partisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut,” kata badan sepakbola dunia dan Eropa itu dalam pernyataan bersama, Senin (28/2/2022).

Tim putra Rusia dijadwalkan bermain melawan Polandia pada babak semifinal playoff kualifikasi Piala Dunia pada 24 Maret, dan mungkin akan menghadapi Swedia atau Republik Ceko pada 29 Maret guna memperebutkan satu tempat putaran final di Qatar akhir tahun ini. Namun, tiga calon lawan Timnas Rusia memboikot pertandingan itu.

Pada Minggu (27/2) FIFA sudah mengumumkan tim Rusia dibolehkan terus bermain di bawah nama Persatuan Sepak Bola Rusia, memainkan pertandingan kandang di wilayah netral dan di stadion tertutup, dan tanpa bendera serta lagu kebangsaan Rusia. Namun, tindakan itu dianggap belum cukup dan disebut “sama sekali tidak dapat diterima oleh Presiden Federasi Sepakbola Polandia Cezary Kulesza seraya menegaskan Polandia tidak akan memainkan playoff Piala Dunia melawan Rusia.

“Tidak peduli apa nama timnya,” ujar Kulesza. FIFA lalu berubah pendirian pada Senin (28/2) dengan menendang Rusia keluar dari turnamen utama olahraga itu.

“Sepak bola sepenuhnya bersatu di sini dan bersolidaritas penuh dengan semua orang yang terkena dampak di Ukraina,” tambah FIFA dan UEFA.

“Kedua presiden (Gianni Infantino dan Aleksander Ceferin) berharap situasi di Ukraina membaik secara signifikan dan cepat sehingga sepak bola dapat kembali menjadi vektor persatuan dan perdamaian antar-masyarakat.”

SUMBER : Bisnis.com

Pemilik hewan peliharaan punya ingatan lebih baik

Previous article

Operasi Keselamatan Progo 2022 Siap Digelar

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info