News

  Muhammadiyah Sikapi Perang Rusia dan Ukraina

0
Perang ukraina
Presiden Ukraina (ist)
STARJOGJA.COM, Info –   Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mendesak Rusia dan Ukraina untuk segera melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang yang dapat menimbulkan kerusakan dan korban.
“Mendesak kedua belah pihak untuk dapat melakukan gencatan senjata dan mencoba mencari solusi damai melalui meja perundingan,” tulis PP Muhammadiyah dalam pernyataan resmi, Kamis (3/3/2022).

PP Muhammadiyah juga menyampaikan keprihatinannya dengan peperangan Rusia dan Ukraina. Muhammadiyah menyatakan bahwa peperangan bukanlah jalan keluar untuk menyelesaikan masalah.
 
Baca Juga : Ukraina Mengaku Ditinggal Sendirian NATO setelah Serangan Rusia

“Peperangan tidak hanya menimbulkan kerusakan fasilitas publik dan korban jiwa baik yang meninggal dunia maupun luka-luka. Sebagian korban adalah masyarakat sipil,” ujar PP Muhammadiyah.

Untuk membantu mengakhiri konflik dan peperangan antara Rusia dan Ukraina, PP Muhammadiyah mendesak PBB, khususnya Dewan Keamanan untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengakhiri peperangan karena akan menimbulkan masalah yang kompleks baik ekonomi, politik, kemanusiaan, perdamaian global, dan masalah-masalah lainnya.

PP Muhammadiyah juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia yang telah membuat seruan agar pertempuran diakhiri. Akan tetapi Pemerintah Indonesia hendaknya bisa lebih aktif dan proaktif terlibat dalam penyelesaian peperangan Rusia-Ukraina dan berbagai dampak yang ditimbulkannya.

Selain itu, masyarakat, khususnya umat Islam diimbau agar tidak terpengaruh oleh provokasi dan propaganda kedua belah pihak yang berusaha mencari dukungan politik internasional. Peperangan Rusia-Ukraina bukanlah karena masalah agama.

“Karena itu, masyarakat dan umat Islam, hendaknya tetap menjaga kerukunan dan persatuan dengan tidak menyebarkan informasi yang tidak jelas sumbernya dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.”

 PP Muhammadiyah menegaskan di era tatanan dunia baru yang menjunjung demokrasi dan perdamaian, semestinya dibangun hubungan antar negara dan bangsa yang lebih adil, saling menghormati, dan menjauhkan tindakan hegemoni dalam bentuk apapun karena pada dasarnya semua negara dan bangsa di muka bumi ini memiliki kesetaraan.

Sumber : Bisnis

 

Bayu

GL Zoo Lepasliarkan Satu Ekor Macan Tutul Jawa 

Previous article

Di Jogja, Harga LPG Subsidi  Potensi Naik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News