News

Tes Antigen Terbukti Efektif Deteksi Omicron dan Delta

0
tes antigen omicron
Walikota Jogja Haryadi Suyuti (baju biru muda) sedang memantau pelayanan penumpang terkait penerapan prokes dan surat rapid tes antigen di Stasiun Tugu Jogja pada Kamis (24/12). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

STARJOGJA.COM, Info – Sebuah penelitian mengungkapkan tes antigen cepat terbukti efektif dalam mendeteksi varian omicron dan delta SARS-CoV-2. Studi baru yang dilakukan oleh National Institutes of Health, Food and Drug Administration dan UMass Chan Medical School itu, tetapi belum dipublikasikan dalam jurnal peer review. Sekitar 7.349 peserta terdaftar dalam penelitian orang tua, tetapi 5.506 memenuhi kriteria kelayakan untuk penelitian ini.

Dari total 153 peserta yang diuji PCR, sekitar 96 persen dari mereka dengan infeksi omicron dan 91 persen dari mereka dengan infeksi delta dinyatakan positif pada tes antigen dalam dua hari setelah hasil PCR positif mereka, The New York Times melaporkan.

 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai perbedaan kinerja tes antigen di rumah dalam mendeteksi varian delta dan omicron dengan menghitung dua faktor: kemungkinan hasil positif dari tes antigen di rumah dibandingkan dengan tes PCR dan hasil positif dari tes antigen di rumah dibandingkan dengan tes PCR. Hasilnya, peserta tes positif dengan tes antigen di rumah berdasarkan jumlah hari sejak tes PCR positif pertama.

Ditemukan bahwa tes antigen lebih baik dalam mendeteksi infeksi varian omicron bila dibandingkan dengan varian delta dalam waktu 48 jam setelah pengujian positif pada tes PCR. Studi tersebut menambahkan bahwa perbedaan antara varian tidak signifikan secara statistik.


FDA mengeluarkan pernyataan pada bulan Desember tahun lalu mengenai tes antigen cepat dan mengatakan “data awal menunjukkan bahwa tes antigen memang mendeteksi varian omicron tetapi mungkin telah mengurangi sensitivitas.”
Sumber : Bisnis
Bayu

Hari Greges Nasional, Ini Saran Dokter UGM

Previous article

Mahfud MD Jelaskan Keppres Hari Penegakan Kedaulatan Negara

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News