Health

Cara Mengetahui Risiko Kematian Karena Serangan Jantung

0
henti jantung
ilustrasi serangan jantung (ist)

STARJOGJA.COM, Info –  Serangan jantung adalah peristiwa yang mengancam jiwa dan memiliki risiko untuk mengalami infark miokard lain yang lebih mematikan. Sebuah studi baru-baru ini, telah mengidentifikasi cara untuk mengetahui dengan lebih baik apakah seseorang berisiko lebih tinggi meninggal dalam tiga tahun ke depan setelah serangan jantung.

Tingkat sensitivitas protein C-reaktif (CRP) yang lebih tinggi dan tes darah sederhana sudah digunakan di rumah sakit untuk mendiagnosis kondisi lain. Alat ini dapat digunakan untuk merampingkan bagaimana pasien dirawat di rumah sakit setelah dugaan serangan jantung.

 Misalnya, mereka yang diidentifikasi berisiko tinggi (kematian) dapat diberikan perawatan yang lebih agresif dan dipantau lebih ketat. Sementara mereka yang teridentifikasi berisiko lebih rendah dapat dipulangkan.

Saat ini, ketika pasien dirawat di rumah sakit setelah diduga terkena serangan jantung, tes darah dilakukan untuk memeriksa protein troponin. Troponin dilepaskan ke dalam aliran darah ketika jantung rusak dan merupakan indikasi yang baik dari serangan jantung.

Tes darah akan menjadi kesempatan yang optimal juga untuk mengukur tingkat CPR. Proyek penelitian, yang diterbitkan di PLOS Medicine dan didanai oleh BHF, didasarkan pada lebih dari 250.000 pasien yang dirawat di rumah sakit dengan dugaan serangan jantung. Data yang dikumpulkan oleh NIHR Health Informatics Collaborative (HIC) mengungkapkan hal berikut.

Mereka yang berisiko tinggi kematian memiliki tingkat CPR 10-15 mg/L dibandingkan dengan tingkat “normal” 2 mg/L atau di bawah.

Ini juga meramalkan kemungkinan kematian lebih dari 35 persen dalam tiga tahun ke depan setelah serangan jantung yang dikonfirmasi. Satu obat anti-inflamasi, khususnya colchicine telah terbukti efektif melawan aterosklerosis yaitu penumpukan timbunan lemak di arteri yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Dokter Ramzi Khamis, Peneliti Klinis Menengah British Heart Foundation (BHF) dan konsultan ahli jantung di Institut Jantung dan Paru Nasional, Imperial College London, menguji apakah pasien dengan kadar CRP tinggi, yang diberi colchicine akan hidup lebih lama.

Kerjasama penelitian ini antara National Heart and Lung Institute, Imperial College London, dan National Institute for Health Research (NIHR) Health Informatics Collaborative (HIC).

 

Sumber : Bisnis
Bayu

Kuliner Hits Jogja, Sudah Coba ?

Previous article

FKKMK UGM Ultah ke 76, Peringati dengan Gayeng Sedulur Saklawase

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health