Health

Waspada Penyakit Lumpy Skin Telah Masuk Indonesia

0
brandu
FOTO : Harian jogja

STARJOGJA.COM, Info – Penyebaran penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) telah sampai di Indonesia. Penyakit yang diakibatkan oleh virus ini menyerang hewan jenis sapi dan kerbau. LSD menyebabkan luka pada kulit, demam, kehilangan nafsu makan, penurunan produksi susu, dan dapat menyebabkan kematian.

Dilansir dari ABC, LSD tercatat menyebar cukup cepat di kawasan Asia Tenggara dan kini telah menjangkiti beberapa peternakan di Sumatera, salah satunya Riau.
Kepala Dokter Hewan Australia Mark Schipp mengaku telah mengamati penyebaran LSD di Asia Tenggara dalam beberapa tahun terakhir.

“[Kasus LSD] Sangat memprihatinkan mengingat Indonesia sangat dekat dengan Australia utara dan beberapa tetangga yang rentan di utara kita, yaitu Timor Leste dan Papua Nugini,” ujarnya seperti dikutip dari ABC, Minggu (6/3/2022).

Lantas apa itu Lumpy Skin Disease atau LSD? Dikutip dari situs resmi Balai Besar Veteriner Wates, LSD adalah penyakit kulit infeksius yang disebabkan oleh Lumpy Skin Disease Virus (LSDV). Virus tersebut merupakan materi genetik DNA dari genus Capripoxvirus dan famili Poxviridae.

Penyakit dapat tertular melalui kontak langsung dengan lesi kulit. Namun virus juga bisa menyebar pada hewan ternak melalui darah, leleran hidung dan mata, air liur, semen dan susu. Penularan juga dapat terjadi secara intrauterine.

Penularan secara tidak langsung bisa terjadi melalui peralatan dan perlengkapan yang terkontaminasi virus LSD seperti pakaian kandang, peralatan kandang, dan jarum suntik. LSD pertama kali dilaporkan di Zambia, Afrika pada tahun 1929 dan terus menyebar di benua Afrika, Eropa dan Asia.

Pada tahun 2019, LSD dilaporkan di China dan India lalu setahun setelahnya dilaporkan di Nepal, Myanmar dan Vietnam. Kemudian pada tahun 2021, LSD dilaporkan menyebar di Thailand, Kamboja dan Malaysia. Penyakit ini ditandai dengan adanya nodul berukuran 1-7 cm.

Tanda tersebut ditemukan pada daerah leher, kepala, kaki, ekor, dan ambing. Pada kasus berat, nodul atau benjolan yang muncul ditemukan hampir di seluruh bagian tubuh hewan ternak.

Munculnya benjolan ini biasanya diawali dengan demam hingga lebih dari 40,5 derajat celcius. Masa inkubasi LSD berkisar antara 1-4 minggu.

Hingga kini, belum ditemukan bukti bahwa penyakit ini bisa menular ke manusia atau tidak. Meskipun penting untuk mengetahui cara pencegahan penularan dari hewan ternak.

Sumber : Bisnis
Bayu

Gibran Positif Covid-19 Lagi, Jokowi Sehat

Previous article

Sultan HB X Ungkap Kenaikan Harga Cabai

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health