Kab SlemanNews

Obyek wisata di KRB III Merapi ditutup sementara

0
KRB III
Wisatawan menikmati indahnya kawasan wisata Merapi

STARJOGJA.COM. SLEMAN – Obyek wisata di KRB III Merapi ditutup sementara. Langkah ini diambil Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, usai kejadian guguran awan panas kemarin. Dinpar menutup sementara objek wisata yang berada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Gunung Merapi atau berjarak kurang lebih 5 kilometer dari puncak.

“Berdasarkan evaluasi perkembangan aktivitas Gunung Merapi menyusul terjadinya APG, kami mengeluarkan surat edaran untuk menutup beberapa destinasi wisata yang berjarak kurang lebih 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi dan juga pertimbangan lain terkait mitigasi bencana awan panas Merapi,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Suparmono kepada awak media, Kamis sore ( 10/03).

Suparmono mengatakan sesuai dengan rekomendasi BPPTKG dan BPBD Kabupaten Sleman, destinasi wisata yang ditutup di radius sekitar 5 kilometer dari puncak Merapi adalah Bukit Klangon, Petilasan mbah Maridjan Kinahrejo, Bunker Kaliadem, dan juga yang mungkin berpotensi bahaya wisata religi Turgo.

“Khusus Turgo dan wisata tracking yg lain walau jarak lebih dari 5 km tetapi kegiatan bersifat tracking menyebabkan potensi bahaya lebih besar terkait upaya mitigasi bencananya,” katanya.

Ia mengatakan, untuk kawasan wisata dengan radius aman tetap dapat beroperasional baik itu yang di wilayah Kapanewon (Kecamatan) Cangkringan maupun Pakem.

Suparmono mengatakan, untuk jip wisata Lava Tour Merapi juga masih diperbolehkan beroperasi. Namun tetap harus di luar radius 5 kilometer dari puncak Merapi.

“Kami juga melarang jip wisata, melakukan pembatasan kegiatan di sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi karena rawan terjadi banjir lahar hujan,” katanya.

WHO: Pandemi Covid-19 Masih Jauh dari Selesai

Previous article

Kapan waktu terbaik minum kopi?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman