Kab Bantul

Ruwahan, Bantul Ramai Wisatawan

0
kaus pantai Parangtritis
Ilustrasi wisata di Pantai parangtritis sebelum pandemi(JIBI)

STARJOGJA.COM, Info – Kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata Bantul pada akhir pekan lalu meningkat dibanding pekan sebelumnya. Peningkatan ini diduga karena banyak warga Bantul khususnya dan DIY pada umumnya pulang kampung untuk melaksanakan ruwahan sebelum masuk Ramadan.

Ruwahan merupakan tradisi di Jawa untuk mendoakan sanak keluarga atau tokoh yang sudah meninggal dunia dan dilakukan pada bulan Ruwah atau Syakban.

Kepala Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, menjelaskan berdasarkan data wisatawan selama akhir pekan atau dari 25-27 Maret ini tercatat ada 37.450 orang dengan pendapatan sebesar Rp 363.797.500.

Baca juga :   Ribuan Apem Meriahkan Ruwahan Berkah Pedestrian Code Gumreget

Dari jumlah tersebut sebanyak 32.672 mengunjungi Pantai Parangtritis dan sekitarnya. Selebihnya mengunjungi pantai Samas sampai Pandansimo. “Data ini naik 25,7 persen dibandingkan akhir pekan yang lalu,” kata Markus, Minggu (27/3/2022).

Data wisatawan akhir pekan lalu atau 18-20 Maret tercatat ada 29.776 orang yang datang ke Bantul. Dari jumlah tersebut pendapatan asli daerah (PAD) yang diperoleh sebanyak Rp289.216.000.

Ipung, sapaan akrabnya mengatakan seperti tahun-tahun sebelumnya, sebelum Ramadan atau saat ruwahan warga Bantul pulang kampung untuk nyekar sehingga memanfaatkan waktu untuk menikmati wisata alam di Bantul.

Bukan hanya warga Bantul namun juga warga dari sejumlah wilayah di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat juga banyak. Hal itu terlihat dari nomor polisi kendaraan yang digunakan oleh wisatawan.

Sumber : Harian Jogja

Bayu

Ini 9 Tips untuk Penderita Sakit Maag

Previous article

Rahasia Jonatan Christie Juara Swiss Open 2022 

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul