News

Hari Terakhir Pameran Daulat & Ikhtiar di Benteng Vredeburg, Antusiasme Pengunjung Tinggi

0
Museum Benteng vredeburg
Museum Benteng vredeburg (Anita NA)

STARJOGJA.COM, INFO – Pada (30/03) hari terakhir pameran bertajuk “Memaknai Serangan Umum 1 Maret 1949 Melalui Seni” pengunjung yang datang masih cukup ramai  di Benteng Vredeburg. Selain melihat diorama-diorama yang disajikan, pengunjung  Benteng Vredeburg   juga dapat melihat pameran seni di lantai atas atau ruang diorama 4.

“Pengunjung sangat antusias ya dalam pameran ditambah ini masih hype ya,” ujar Alya (19) salah satu tim edukator pameran Rabu (30/03/2022)  .

Memang pameran seperti yang berada dalam Daulat & Ikhtiar sedang sangat digemari masyarakat apalagi di kalangan anak muda.

Pengunjung mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua terlihat sangat menikmati diorama. Selain diorama, pengunjung juga diperlihatkan gambar visual mengenai serangan di kala itu.

Pengunjung juga dimanjakan dengan beberapa koleksi di museum yang berada di Benteng Vredeburg. Terdapat jas hujan, koin, uang jaman dahulu, serta beberapa koleksi mesin cetak dan alat perang.

“Dioramanya sangat mempermudah saya untuk lebih merasakan bagaimana kondisi saat itu. Selain itu juga terdapat QR Code untuk lebih mempermudah saya mengetahui hal-hal lain yang tidak tertulis di keterangan setiap diorama maupun koleksi,” ujar Bagus (19), salah satu pengunjung pameran.

Di setiap ruang diorama juga terdapat LCD yang dapat membantu pengunjung untuk mengetahui lebih banyak informasi, hanya saja dalam LCD tidak dapat memperlihatkan gambar maupun diorama.

Pihak penyelenggara bekerjasama dengan Jurusan Tata Kelola Seni ISI Yogyakarta  menghadirkan karya yang tak kalah apiknya. Penyelenggara berkolaborasi dengan ISI dalam hal pameran, pameran berupa karya-karya yang menggambarkan bagaimana 5 tokoh Serangan Umum 1 Maret di mata para seniman tersebut.

Penulis: Anita Nawang Asih

Bayu

Kenali Gejala Tumor Otak Sejak Dini

Previous article

To Lose Balasan Titi DJ untuk Hati-hati di Jalan Tulus

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News