News

DIY Darurat Klitih Kriminal,  Stevanus Minta Pemda DIY dan Aparat Tegas

0
Darurat Klitih
Ilustrasi Pelaku Klitih
STARJOGJA.COM, INFO – Kondisi DIY nampak sudah masuk dalam kondisi Darurat Klitih. Dalam rentang waktu yang berdekatan terjadi tindakan kriminal jalanan, bahkan salah satu korban tewas dianiaya.
Klitih Kriminal kembali terjadi lagi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Seorang siswa Kelas XI IPS 3, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta bernama Daffa Adzin Albasith (18) meninggal dunia setelah dibacok orang tak dikenal di Gedongkuning Rejowinangun Kotagede Yogyakarta, Minggu (03/04/2022) dini hari. Korban dianiaya saat hendak pulang ke rumah kos usai membeli makan sahur.
Dan hari ini terjadi Kembali kasus yang sejenis, penganiayaan terhadap anak SMA di wilayah Babadan tidak jauh dari Gembira Loka. Kejadian ini menambah daftar panjang korban kekerasan jalanan di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Dr. R. Stevanus C. Handoko S.Kom., MM dari Partai Solidaritas Indonesia menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah harus hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan rasa aman. Kejadian kekerasan ini sudah berulang terjadi, Pemerintah Daerah harus mengerahkan segala sumber daya yang dimiliki untuk segera mengatasi permasalahan ini.
Selain itu, Dr. R. Stevanus juga menyoroti agar Penegak Hukum harus lebih tegas untuk bisa mengatasi kriminal jalanan ini. Sudah tidak ada alasan untuk tidak bertindak tegas, karena sudah banyak korban jiwa akibat kriminal jalanan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tindakan pelaku Kriminal ini sudah tidak berperikemanusiaan, kejam dan sangat brutal.
Dr. R. Stevanus mengharapkan semua pihak untuk bisa bekerja sama. Kolaborasi dengan semua pihak harus dioptimalkan dalam membantu memberikan rasa aman. Dinas Kesbangpol, Dinas Sosial, Dinas Pemuda dan Olahraga dan juga Dinas Kominfo harus berkolaborasi untuk membantu menyelesaikan persoalan yang terus saja berulang. Pembangunan infrastruktur seperti CCTV, environment monitoring system, command center, yang terintegrasi omni  channel sudah tidak bisa ditunda lagi untuk juga membantu memberikan rasa aman bagi masyarakat secara luas.
Selain itu Dr. R. Stevanus juga berharap Pemerintah Daerah dapat memberikan penguatan terhadap fungsi Dinas Kesbangpol dan Satpol PP dalam pelaksanaan sampai dengan pemantauan pelaksanaan urusan bina ideologi, wawasan kebangsaan, ketertiban kemasyarakatan, penanganan konflik, hingga kewaspadaan nasional dalam rangka menjaga ketertiban, keamanan masyarakat secara luas.
Daerah Istimewa Yogyakarta harus dikembalikan sebagai kota yang aman, ramah terhadap wisatawan maupun semua orang yang beraktivitas. Tidak boleh lagi kita mentolerir kejadian kekerasan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta apapun alasannya.
Bayu

 Sultan HB X Geram Ada Lagi Aksi Klithih di Jogja

Previous article

3 Resep Menu Sahur untuk Anak Kos

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News