Kota JogjaNews

Trans Jogja Diusulkan Gratis Bagi Pelajar

0
trans jogja pelajar

STARJOGJA.COM, JOGJA – Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana mengusulkan Trans Jogja digratiskan bagi pelajar. Usulan ini disampaikannya, salah satunya didasarkan semakin banyak pelajar yang mengendarai sepeda motor menuju ke sekolah.

Ia mengatakan menggratiskan kendaraan umum bagi pelajar, selain penting bagi keselamatan juga mengurangi anak yang masih di bawah umur yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk menggunakan sepeda motor.

“Menggratiskan Trans Jogja buat pelajar juga insentif agar banyak pelajar pakai transport umum. Mengurangi anak sekolah pake motor sendiri. Banyak anak sekolah pakai motor sendiri meskipun masih di bawah umur, belum punya SIM,” jelas Huda kepada Starjogja.com.

Ia pun penggunaan bus Trans Jogja bagi pelajar dipastikan akan meminimalkan kemacetan jalanan yang terjadi pada dan siang hari. Langkah ini bisa mengurangi aksi kejahatan jalanan yang akhir-akhir ini marak. Huda menegaskan Tiap sekolah juga diharapkan ikut andil dengan memberikan insentif kepada pelajar yang menggunakan transportasi umum.

“Penggunaan transportasi umum sangat penting untuk mengurangi kemacetan dan untuk penghematan. Hal ini penting dilatih untuk para pelajar. Menggunakan transportasi umum juga melatih toleransi dan kesabaran,” jelas Huda.

Huda menambahkan dalam penerapannya dibutuhkan iklan yang masif, kerja sama dengan influencer tentang keuntungan naik Trans Jogja atau teman bus.

“Dari sisi APBD tidak seberapa, tapi dari sisi pembelajaran dan pendidikan ini sangat berarti,” tutupnya.

Sultan Meminta Pelaku kejahatan Jalanan Dihukum

Previous article

Dishub Sudah Siapkan Jalur Alternatif di Sleman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja