Culinary

Carang Gesing Menu Pilihan Berbuka Puasa

0
Carang gesing
Carang gesing bis amenjadi pilihan berbuka puasa (Anita NA)
STARJOGJA.COM, Info –   Carang gesing, takjil berbuka puasa yang satu ini  berbahan dasar pisang ini memiliki rasa khas yang manis, lembut, dan gurih di mulut apalagi dengan kuah manisnya yang menyegarkan tenggorokan. Carang gesing merupakan masakan rumahan yang biasanya dibungkus daun pisang dan dikukus.

“Kalau bingung mau mengolah pisang selain kolak atau pisang goreng, ya saya buat ini. Memanfaatkan bahan yang ada saja di rumah,” ujar Sri (IRT, 39) di Sleman Selasa (19/4/2022).

Banyak orang ketika berburu takjil yang dicari adalah gorengan, entah itu mendoan, pisang goreng, molen, ataupun gorengan lain. Carang gesing bisa jadi salah satu pilihan takjil yang tidak memerlukan minyak goreng namun sudah bisa memanjakan lidah kita setelah seharian berpuasa.

Baca juga : Saran Ahli, Tidak Berlebihan Makan Kurma Saat Berbuka Puasa 

“Kolak dan molen sudah biasa, anak-anak di rumah juga sudah bosan apalagi harga minyak yang melonjak juga jadi gorengan sekarang mahal. Makanya saya berkreasi bikin carang gesing selain enak, gurih, tapi juga pembuatan yang gak ribet dan waktu masak yang gak lama jadi bisa sedikit berleha-leha sebelum buka puasa,” imbuhnya.

Selain menggunakan daun pisang, carang gesing juga bisa dibuat menggunakan wadah aluminium dan dikukus seperti biasa, hanya saja rasa dan tekstur akan sedikit berbeda. Kata Sri, bahan pembuatan yang mudah juga menjadikan dia lebih memilih membuat carang gesing daripada gorengan.

Penulis : Anita Nawang Asih

Bayu

Jalan Rawan Kecelakaan di Kulonprogo

Previous article

 Tips Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary