Kab Bantul

Bantul Targetkan 150 Ribu Wisatawan

0
wisatawan bantul
Wisatawan menikmati andong wisata di pantai Parangtritis Bantul

STARJOGJA.COM, Info – Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memprediksi tingkat kunjungan  wisatawan ke sejumlah destinasi wisata yang dikelolanya selama libur Idul Fitri 1443 Hijriah meningkat cukup tajam, bahkan ditargetkan mencapai 150 ribu wisatawan.

“Lonjakan mudik dan wisatawan pada momen Lebaran tahun ini  hampir mirip dengan Lebaran sebelum pandemi, atau bisa jadi malah lebih banyak. Karena itu, kita menargetkan 150 ribu wisatawan berkunjung ke Bantul, ” kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo di Bantul, Sabtu.

Beberapa objek wisata di Bantul yang menjadi tujuan favorit wisatawan seperti Pantai Parangtritis dan beberapa titik pantai selatan lainnya, wisata Gumuk Pasir Parangkusumo dan kawasan wisata Mangunan di Kecamatan Dlingo.

“Untuk prediksi kita berani menyampaikan target dari H+1 sampai H+7 kurang lebih bisa 150 ribu wisata masuk di objek wisata kita, atau kalau sampai akhir Mei kira-kira 350 ribu sampai 400 ribu orang dengan pendapatan lebih kurang sebesar Rp3,5 sampai Rp4 miliar,” katanya.

Dia mengatakan, pada momen libur Lebaran 2022, pihaknya menerjunkan 89 personel untuk membantu kelancaran pemungutan retribusi di delapan Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) wisata, mereka dari Dinas Pariwisata, Polsek, Pol Airud, Koramil, dan AL, dibantu Dishub, Tim SAR dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Menurut dia, delapan TPR wisata itu adalah TPR Induk Parangtritis sebanyak 27 orang, TPR Depok Parangtritis sebanyak 16 orang, TPR Samas sebanyak 12 orang, TPR Gua Cemara delapan orang, TPR Pantai Kuwaru delapan orang, TPR Pandansimo 10 orang, TPR Gua Selarong empat orang, TPR Gua Cerme empat orang.

“Untuk mengantisipasi agar pelayanan pemungutan retribusi bisa maksimal, kita melakukan penambahan petugas di seluruh TPR, apalagi jalur wisata terutama menuju pantai ketika libur nasional padat kendaraan,” katanya.

Sumber : ANTARA

60 Persen Pengguna Kendaraan Mudik Belum Kembali

Previous article

Jemaah Haji Indonesia Dapat Layanan Makan 119 Kali

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul