Kab Bantul

Cegah DBD, Bantul Launching WoW Mantul

0
WoW Mantul
nyamuk Aedes aegypti ber Wolbachia (JIBI)
STARJOGJA.COM, Info – Dinkes Bantul gelar grand launching program WoW Mantul atau Wolbachia wis Masuk Bantul. Dengan diterapkannya teknologi Wolbachia, diharapkan bisa mengurangi beban masyarakat yang disebabkan oleh dengue dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

dr. Abednego Dani Nugroho, Kasi Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Bantul mengatakan program bertajuk “Besanan Nyamuk WoW Mantul” ini sebagai pertanda sudah dimulainya penitipan ember berisi telur nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia di rumah warga Bantul yang bersedia menjadi Orang Tua Asuh dan fasilitas umum & sosial

“Kami bekerja sama dengan WMP Yogyakarta dan didukung oleh Yayasan Tahija melaksanakan teknologi Wolbachia dalam pengendalian DBD,” jelasnya.

Baca juga : Wow ! Sepekan, Gaji Sopir Taksi Online di Jogja Bisa Rp2,5 juta

Menurutnya, Teknologi Wolbachia akan diimplementasikan di area dengan kasus DBD tinggi di Bantul, yaitu di 11 kapanewon, 38 kalurahan, dan 519 padukuhan. Sekitar 20.000 ember akan dititipkan di rumah OTA, fasum dan fasos.

“Setiap 2 minggu sekali selama 6 bulan, Kader Kesehatan setempat bersama WMP Yogyakarta melakukan penggantian paket telur dan pakan. Setelah persentase Wolbachia mencapai 60% atau lebih, akan dilakukan penarikan ember, karena nyamuk ber-Wolbachia dapat berkembangbiak secara mandiri dan berkelanjutan,” katanya.

Ridwan Ansari, Site Manager WoW Mantul WMP Yogyakarta mengatakan Wolbachia efektif menurunkan 77% kasus DBD dan menurunkan 86% kasus DBD yang dirawat di rumah sakit. Efikasi ini berdasarkan hasil penelitian di Kota Yogyakarta pada 2017-2020 dengan metode Randomised Controlled Trial (RCT).

” Warga Bantul dan OTA dapat menyampaikan dukungan, saran, dan pertanyaan melalui  Hotline Dinkes Bantul 0811 2929 699,” ajaknya.

Dinkes DIY Jelaskan Nol Kasus Covid-19 

Previous article

Banjir Rob Masih Genangi Tanjung Mas 

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul