FeatureNews

Ketua Umum PGI Usulkan Buya Syafii Jadi Pahlawan Nasional

0
Ketua Umum PGI
Ketua Umum PGI saat di melayat ke Buya Syafii Maarif (krna)
STARJOGJA.COM, Info –  Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif meninggal pada hari Jumat  tgl 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping. Sosok Buya Maarif yang dekat semua elemen membuat Pdt. Gomar Gultom Ketua Umum PGI kehilangan sosoknya dan berharap agar Buya Syafii bisa menjadi pahlawan nasional.
“Siang ini saya melayat ke Mesjid Gede Kauman, tempat jenazah Buya Maarif disemayamkan sebelum dibawa ke pemakaman Kulon Progo. Kita semua kehilangan Safei Maarif, panggilan akrab “Buya Safei”, yang bukan hanya seorang tokoh pluralis dan nasionalis, tetapi lebih merupakan guru dan bapa bangsa, yang banyak menyumbang gagasan untuk mencerdaskan bangsa,” katanya seperti yang diterima starjogja.com Jumat (27/05/2022).

Menurutnya Buya Syafii merupakan sosok yang sangat dekat dengan semua kalangan dan patut  menjadi pola teladan bagi semua pemimpin agama di Indonesia sebagai bangsa yang besar dan menghargai kemajemukan. Menurutnya keteladanannya soal kesederhanaan dan menolak berbagai bentuk fasilitasi sangat perlu ditiru.

Baca juga : Muhammadiyah Mengecam Keras Peledakan Bom Gereja Katedral Makassar

“Dia menolak tawaran pengobatan di Jakarta, baik dari Ibu Megawati maupun dari Presiden RI, karena merasa lebih sreg dirawat di rumah sendiri: RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Bahkan untuk penguburannya pun beliau mewasiatkan untuk dikebumikan di pemakaman khalayak Muhammadiyah di Kulon Progo, dan tidak di pemakaman yang dikhususkan bagi Pimpinan Muhammadiyah,” katanya.

“Saya melayat untuk memberikan penghormatan terakhir, sekaligus merupakan wujud kebersamaan sekaligus menyatakan turut sepenanggungan dengan  keluarga Buya Maarif bahkan umat muslim yang cinta damai.”

Pdt Gultom mengaku sangat terinspirasi dengan ketokohan, pemikiran dan perjuangan Buya Syafii yang segaris dengan perjuangan gereja-gereja di Indonesia untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa ini.

“Saya memohon Presiden untuk mengajak seluruh masyarakat mengibarkan bendera setengah tiang sebagai penghormatan kepada beliau. Dan kiranya tak berlebihan bila saya juga mengusulkan agar kepada beliau, pada waktunya kelak, dianugerahi Pahlawan Nasional,” katanya.

Bayu

Sultan HB X Kehilangan Sosok Buya Syafii Maarif 

Previous article

Buya Syafii Maarif Wafat, Kapolri: Kita Kehilangan Tokoh dan Bapak Bangsa   

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature