Lifestyle

Cerita Pameran  Mulih Mula Mulanira di Yogyakarta

0
pameran Mulih Mula Mulanira
pameran Mulih Mula Mulanira (Anita NA)
STARJOGJA.COM, Info – Berawal dari keresahan Nasirun dan Hanafi Kurniawan Sidhartha yang resah akan budaya yang semakin hilang. Dengan mengusung konsep video mapping dengan perpaduan dua seniman berbeda era menjadikan pameran Mulih Mula Mulanira di Jogja National Museum, Yogyakarta, pada 17-26 Mei 2022 lalu ini banyak menceritakan dan menggambarkan tentang bagaimana kehidupan manusia dari di dalam kandungan hingga meninggal.

“Budaya itu mulai tersingkirkan. Dri situ mereka (Nasirun dan Hanafi) menginisialisasi gimana caranya di era sekarang bikin pameran tapi dengan konteks yang bisa menghubungkan ke dunia digital yang dimana momen itu kan sekarang mudah diterima dari semua kalangan,” tutur Aldo (19) selaku Panitia pameran.

Baca juga : Pameran Kendi Sembada Kembali Diadakan Offline dan Online

Mempunyai waktu yang sedikit, panitia membawa judul pameran “Mulih Mula Mulanira” karena budaya jawa yang sudah sangat lama yang sudah ditinggalkan. Aldo juga menambahkan bahwa nama “Mulih Mula Mulanira” yang berarti semua akan kembali ke jalan pulang atau dalam bahasa jawanya itu mulih.

“Istilahnya darimana kita berasal, kemana kita sekarang, dan dimana kita. Jadi itu tiga aspek itu satu kaitan yang lurus yang dimana sejauh dimana pun mencari ya ujungnya bakal mulih, bali,” imbuhnya.

Penulis : Anita Nawang Asih

Bayu

Pelonggaran Masker di Tempat Umum, Begini Respon Masyarakat

Previous article

Uniknya Nikah Bareng Segoro Kidul

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle