CulinaryFlash Info

Mie Kulit Singkong Aman Buat Penderita Diabetes

0
mie diabetes

STARJOGJA.COM. JOGJA – Mie Kulit Singkong Aman Buat Penderita Diabetes.  Untuk memanfaatkan kulit singkong yang bergizi namun sering dilupakan, sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memanfaatkan euphoria kuliner mie dengan membuat mie dari kulit singkong.  Tersedia dalam bentuk mie rebus dan mie goreng.

Mereka adalah Widakdo dari prodi biologi, Rahayu Iswanti prodi kimia, Vina Marfu’ah prodi pendidikan sosiologi, Wahyu Karunia Putra prodi pendidikan teknik mesin dan Silviani Dian Aisya prodi akuntansi yang tergabung dalam Family of Mahadiksi UNY (Fomuny).

Kelimanya membuat mie dari kulit singkong dengan varian mie rebus dan mie goreng. Hal ini sesuai dengan target market kelompok Fomuny yang mendapat dana Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Menurut Widakdo, ia dan tim membuat mie dari singkong yang disingkat Miesi. Mie Kulit Singkong Aman Buat Penderita Diabetes

“Mie singkong ini akan kami olah dengan beberapa varian seperti mie goreng atau mie rebus dengan rasa pedas,” katanya dalam keteranganya pada starjogja.com.

Harapannya, Miesi menjadi pioner mie pedas sehat pertama di Indonesia yang berasal dari olahan kulit singkong sekaligus berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan berwawasan bio bisnis.

Mengurangi limbah kulit singkong Rahayu menambahkan bahwa mie ini dibuat dari olahan kulit singkong untuk meminimalisasi limbahnya.

“Awalnya kulit singkong kami olah dulu menjadi tepung, baru kami buat menjadi mie.” kata Rahayu.

Tepung singkong ini lazim juga disebut tepung mocaf yang memiliki nilai karbohidrat cukup tinggi dan cocok untuk penderita autis yang alergi terhadap gluten karena tepung mocaf tidak mengandung gluten. Sehingga, Miesi aman untuk dikonsumsi anak autis atau penderita diabetes.

Disbud DIY Siapkan Aplikasi Aksara Jawa

Previous article

Bulan Bercincin Tertangkap Kamera Warga di Jogja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary