JogjaKUUniknya Jogja

Nasi Nuk Santri Kuliner Unik Kulon Progo

0
nasi nuk santri

STARJOGJA.COM, WATES – Nasi Nuk Santri Kuliner Unik Kulon Progo Yang Wajib Dicoba. Kabupaten Kulon Progo bukan hanya memiliki kekayaan alam dan budaya saja tetapi juga makanan khasnya yang menggugah selera.

Di antara banyaknya ragam kuliner khas Kulon Progo, ada satu jenis makanan yang patut Anda coba saat berkunjung ke salah satu Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu. Nasi Nuk Santri namanya.

Makanan khas Kulon Progo yang satu ini tak hanya sedap untuk disantap saja. Namun, Nasi Nuk Santri juga memiliki sejarah tersendiri. Seperti yang dijelaskan oleh Ketua Desa Wisata Purwosari Kiswantoro, Nasi Nuk Santri adalah makanan yang didedikasikan untuk mengenang sebagian prajurit Pangeran Diponegoro.

“Nuk Santri adalah makanan yang didedikasikan untuk mengenang sebagian prajurit Pangeran Diponegoro yang hidup sederhana,” jelas Kiswantoro saat dijumpai ANTARA di Desa Wisata Purwosari, Rabu (14/6).

BACA JUGA : Kuliner Khas Kulon Progo

Ciri khas kuliner yang satu ini adalah tumis pepaya muda yang dimasak dengan bumbu gurih dan pedas. Tak hanya itu, menu Nuk Santri juga dilengkapi dengan urap yang menggunakan parutan kelapa muda, telur, dan tahu bacem.

“Semua lauk Nuk Santri tidak ada yang digoreng. Itu juga yang membuat makanan khas. Jadi makanan ini direbus atau dibacem,” kata Kiswantoro.

Sumber : Antara

Monumen Antroposen Akan Dibangun di TPA Piyungan  

Previous article

2 Bobotoh Meninggal Dunia, PSSI Bentuk Tim Investigasi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU