Flash InfoHealth

Pembengkakan Getah Bening Perlu Diwaspadai

0
pembengkakan getah bening

STARJOGJA.COM, JOGJA – Waspadai Gejala Pembengkakan Getah Bening. Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Fungsinya adalah untuk memerangkap dan membunuh bakteri, virus, dan zat berbahaya lain yang masuk ke dalam tubuh.

dr. Nungki Anggorowati, Ph.D, Sp.PA(K) dari Departemen Patologi Anatomi FK-KMK UGM / RSUP Dr. Sardjito mengatakan Kelenjar getah bening tersebar di banyak bagian tubuh, di antaranya Ketiak, Dagu, Belakang telinga, Leher, Pangkal paha dan Bagian belakang kepala.

“Kelenjar getah bening punya fungsi yang amat penting. Pasalnya, kelenjar ini memegang peran penting untuk sistem imun tubuh. Ketika timbul masalah, tentunya seseorang rentan mengalami beragam penyakit,” jelasnya.

Ia mengatakan pembengkakan kelenjar getah bening adalah kondisi ketika kelenjar getah bening membesar. Kondisi ini terjadi sebagai reaksi terhadap banyaknya sel kekebalan tubuh yang diproduksi untuk melawan zat asing yang berbahaya. Pembengkakan kelenjar getah bening bukanlah penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit.

” Pembengkakan kelenjar getah bening ditandai dengan pembesaran pada kelenjar getah bening yang dapat disertai nyeri. Penderita juga bisa mengalami keluhan lain, seperti Hidung berai, Sakit tenggorokan, Batuk dan Demam,” lanjutnya.

BACA JUGA : Mengetahui Penyakit Kanker Limfoma yang Diidap Ari Lasso

Sementara itu, dr. Mardiyah Suci Hardianti, Sp.PD-KHOM dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FK-KMK UGM / RSUP Dr. Sardjito mengatalan Pembengkakan kelenjar getah bening dapat membaik dengan sendirinya jika disebabkan oleh kondisi yang tidak berbahaya. Namun, jika terjadi akibat alasan yang tidak diketahui sebaiknya segera lakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebabnya.

“Waspada diperlukan jika pembengkakan terjadi dalam waktu yang cukup lama dan mengeras. Melakukan pemeriksaan lebih dini tentunya membuat pembengkakan kelenjar getah bening lebih mudah untuk diatasi,” himbaunya.

Pembengkakan kelenjar getah bening bisa dicegah dengan menghindari penyebabnya, antara lain dengan Sering mencuci tangan, menjaga kebersihan tubuh, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar dan Menerapkan pola hidup sehat

Dispar Sleman gelar Plesir Gegojegan Kaliurang.

Previous article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info