News

Nawu Sendang di Pandak Bantul

0
Nawu Sendang
ilustrasi sendang

STARJOGJA.COM, Info – Sebagai wujud syukur dan untuk membersihkan pikiran masyarakat, warga Kampung Payungan, Kalurahan Triharjo, Kapanewon Pandak, menggelar Baritan Kampung Payungan di Sendang Payungan, Jumat (1/7/2022) dengan Nawu Sendang.

Ketua panitia Baritan Kampung Payungan, Sudarmanto, menjelaskan dulu sendang merupakan sumber mata air dan kehidupan masyarakat Payungan.

“Untuk minum, mencuci dan mandi itu di sendang,” ujarnya.

Seiring berjalannya waktu di sekitar sendang tumbuh banyak pepohonan yang daun-daun berguguran di sendang dan air pun kotor.

Baca juga :  Sendang Seliran, Tempat Bersih Diri Peziarah Makam Raja-Raja Mataram

“Kesepakatan warga diadakan nawu sendang untuk membersihkan sendang itu. Kejadiannya Selasa Kliwon, syukurannya Jumat Pon,” katanya.

Prosesi dimulai dari Minggu (26/6/2022), dengan membersihkan lokasi sekitar sendang. Lalu malam Selasa Kliwon digelar doa bersama, malam Jumat Pon diadakan ritual tahlilan dan puncaknya pada Jumat Pon digelar kirab seni budaya.

“Setiap RT membawa masing-masing ada ambengan, sego suci, ketan-kolak dan lain-lain. Bentuk rasa syukur warga. Harapannya setelah guyub dilakukan warga bisa memunculkan pikiran yang jernih untuk kemajuan masyarakat di sini,” ungkapnya.

Istri Wakil Bupati Bantul, Dwi Pudyaningsih Joko Purnomo, mengapresiasi kegiatan ini, dengan harapan kegiatan serupa akan terus berjalan di tahun-tahun selanjutnya.

“Agar terus diagendakan dan lebih diperhatikan kembali,” katanya.

Kegotongroyongan yang masih terbina dengan baik di Kampung Payungan ini diharapkan dapat menginspirasi di padukuhan-padukuhan lainnya.

Sumber :  Harian Jogja

Bayu

Beli Minyak Goreng Harus Pakai Aplikasi, Tak Perlu Panik

Previous article

Binda DIY Genjot Kegiatan Vaksinasi COVID-19 Booster

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News