Flash InfoLifestyle

Sering Mengantuk Setelah Makan Siang? Ini Penyebabnya

0
kenyang
Ilustrasi makan

STARJOGJA.COM, HEALTH – Setelah makan siang, rutinitas dilanjutkan kembali. Namun, tak jarang rutinitas justru dibarengi dengan rasa mengantuk yang menyerang. Pasti pernah bertanya perihal ini bukan? Mengapa sangat mengantuk di siang hari.

Berikut ini jawaban seperti dikutip dari verywellhealth mengenai mengapa terasa kantuk pada siang hari setelah makan siang.

Rasa kantuk datang setelah makan siang karena beberapa hal, diantaranya elemen dalam makanan, dorongan tidur dan ritme sirkadian.

Kandungan dalam makanan
Ketika rasa kantuk datang setelah makan siang, bisa jadi makanan yang dikonsumsi mengandung unsur-unsur yang dapat menyebabkan kantuk. Meskipun biasanya jumlahnya cukup kecil dan tidak terlalu berpengaruh dalam rutinitas. Kandungan dalam makanan yang dapat sebabkan kantuk diantaranya adalah:

· Melatonin: Dalam makanan ada hormon melatonin. Melatonin ini punyai peran penting dalam waktu tidur, meskipun dalam tingkat rendah.

· Triptofan: Kandungan yang bisa jadi penyebab datangnya rasa kantuk lainnya adalah tiptofan yang terkandung dalam kalkun juga makanan lainnya. Meskipun efek dari triptofan cukup kecil, karena prosesnya tubuh mengubah triptofan menjadi melatonin, dan melatonin punyai peran dalam waktu tidur yang cukup kecil.

· Alkohol: Alkohol dapat tingkatkan efek adenosin yang bisa picu rasa kantuk. Meskipun kecil kemungkinan alkohol sebabkan kantuk setelah makan siang, karena alkohol biasanya tidak disajikan siang hari.

Dorongan tidur dan ritme sirkadian
Faktor yang lebih kuat mendatangkan rasa kantuk dibanding dengan kandungan dalam makanan adalah dua hal ini. Dorongan untuk tidur disebabkan oleh adanya penumpukan bahan kimia di dalam otak yang biasa disebut adenosin. Bahan kimia satu ini meninggi ketika sore hari dan mencapai puncaknya pada sesaat sebelum orang terlelap.

Semakin lama orang terjaga, semakin banyak juga penumpukan adenosin, semakin kuat juga rasa kantuk yang menyerang. Lalu ritme sirkadian yang punyai peran untuk mengatur periode terjaga dan tidur. Ketika ritme ini mneingkat sepanjang hari, dia kan membuat manusia terjaga dan melawan peningkatan adenosin yang sebabkan kantuk.

Namun, pada sore hari biasanya terjadi penurunan ritme ini sehingga sinyal peringatan menurun, dan dengan sendirinya rasa kantuk muncul. Biasanya ini terjadi tujh ingga sembilan jam setelah bangun tidur.

Bagaimana cara mengurangi rasa kantuk setelah makan siang?
Rasa kantuk yang datang setelah makan siang biasanya akan meningkat jika kurang tidur pada malam hari. Jadi, salah satu cara untuk mengurangi rasa kantuk yang datang setelah makan siang adalah dengan tidur yang cukup pada malam hari. Selain itu, berolahraga, konsumsi kafein dalam jumlah sedang dan tidur siang selama 10 hingga 20 menit jug dapat mengurangi rasa kantuk yang datang setelah makan siang

TikTok gandeng kreator & Slank buat lagu tema “Serunya Indonesia”

Previous article

KPU DIY Siap wujudkan Pemilu Berintegritas

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info