Kab SlemanNews

Sleman gencarkan skrining kesehatan aktif tanggulangi TBC

0
skrining tbc

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Sleman gencarkan program skrining kesehatan aktif tanggulangi TBC. Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meresmikan program skrining kesehatan aktif bersama ZeroTB Yogyakarta guna menanggulangi penyakit Tuberkulosis (TBC), Senin.

Program ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Sleman bersama Universitas Gadjah Mada (UGM), khususnya di bidang kesehatan.

“TBC masih menjadi tantangan kesehatan yang dapat mengganggu produktivitas warga Sleman, bahkan menyebabkan kematian,” kata Kustini di sela peresmian yang bertempat di Kantor Kapanewon (Kecamatan) Ngemplak, Kabupaten Sleman.

Menurut dia, melalui kerja sama ini diharapkan masyarakat Kabupaten Sleman semakin mengenali bahaya TBC dan mengikuti skrining kesehatan yang difasilitasi ZeroTB Yogyakarta, bagi warga yang terdeteksi TBC bisa segera diobati dan sembuh.

“Terlebih lagi Indonesia memiliki target untuk eliminasi TBC di tahun 2030. Sedangkan di Kabupaten Sleman, temuan kasus TBC masih belum mencapai target,” katanya.

Ia berharap sosialisasi terus dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap ancaman TBC. Dengan kesadaran ini masyarakat diharapkan secara aktif melakukan tes atau deteksi dini serta melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan.

“Saya berharap, melalui program¬†Zero TB Goes to¬†Sleman ini, masyarakat benar-benar dapat memperoleh kemudahan pemeriksaan, sehingga dapat dilakukan investigasi kontak. Harapannya program ini dapat mendukung eliminasi tuberculosis,” katanya.

Direktur ZeroTB Yogyakarta dr Rina Triasih, SpA(K) menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Kesehatan yang telah mengemas inisiasi ZeroTB secara terpadu dengan skrining kesehatan lainnya dalam rangkaian Hari Kesehatan Nasional.

“Kami juga mengapresiasi, karena Pemerintah Kabupaten Sleman dapat menghadirkan para pemangku kebijakan daerah, tokoh masyarakat, organisasi profesi kesehatan serta Perhimpunan RS Wilayah DIY untuk mendukung program ZeroTB sebagai upaya eliminasi TBC di Kabupaten Sleman,” katanya.

Menurut dia, ZeroTB Yogyakarta adalah sebuah inisiatif penanggulangan TBC yang berlandaskan tiga elemen, yaitu penemuan kasus secara aktif, pengobatan yang efektif dan pencegahan TBC pada kontak serumah dengan penderita.

Porda 2022, Futsal Putri Sleman Raih Medali Emas

Previous article

Sleman Raih Perak Softball Putri Porda DIY 2022

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman