Flash InfoHealth

Ini Bahayanya Keseringan Minum Air Panas

0
air panas
Ilustrasi minum air putih (Moeslema.com)

STARJOGJA.COM, LIFESTYLE – Banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh setelah meminum air panas . Selain dapat membantu sel-sel tubuh menyerap nutrisi, air juga bisa membantu melawan infeksi, menjaga kesehatan kulit, otot, serta sendi.

Banyak orang mempercayai meminum air hangat atau air panas bisa jadi menawarkan lebih banyak manfaat dibanding meminum air dingin atau air putih biasa. Hal ini membuat banyak orang tersugesti, meminum air hangat di pagi hari bisa membuat perut nyaman.

Di balik sederet manfaat meminum air hangat ataupun panas, tetap ada risiko yang bisa diterima apabila tidak memperhatikan suhu air tersebut. Penelitian menyebutkan, suhu terbaik untuk menyajikan minuman namun terbebas dari risiko luka bakar adalah sekitar 57 derajat celcius.

Berikut sejumlah bahaya jika Anda keseringan minum air hangat dilansir dari Pulse.

1. Mengandung banyak kontaminan
Kebanyakan orang berpikir air panas sangat murni tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Jika Anda mengambil air panas dari keran, kemungkinan besar air tersebut telah terkontaminasi.

Ini karena air panas melarutkan kontaminan lebih banyak daripada air dingin. Jika pipa terlalu tua dan berkarat, partikel timbal cenderung bercampur dengan air yang mengalir melalui pipa.

2. Menyebabkan ketidakseimbangan konsentrasi air dalam tubuh
Penelitian telah membuktikan bahwa 55-65% dari sistem tubuh mengandung air. Minum air putih itu sehat karena menghidrasi tubuh dan mengeluarkan beberapa racun dalam tubuh.

Sering minum air panas, bahkan saat tidak haus dapat menyebabkan ketidakseimbangan konsentrasi air dalam tubuh, sehingga menyebabkan dehidrasi.

3. Gangguan tidur
Terlalu banyak konsumsi air panas menyebabkan ketidakseimbangan dalam tidur Anda. Hindari minum air panas sebelum tidur karena akan mengganggu tidur Anda dengan sering buang air kecil.

4. Memberi tekanan pada ginjal
Ginjal memiliki sistem kapiler yang kuat yang mengeluarkan kelebihan air dan racun dari tubuh. Minum terlalu banyak air panas akan memberi tekanan pada ginjal dengan meningkatkan kecepatan fungsinya.

Karena minum air panas menyebabkan dehidrasi, ginjal berisiko. Ini juga akan meningkatkan beban kerja ginjal, sehingga menyebabkan kerja berlebihan pada organ ini. Ini pada akhirnya akan mempengaruhi ginjal Anda.

5. Luka lepuh/luka bakar internal
Sering konsumsi air panas dapat menyebabkan panas internal pada lapisan organ dalam sistem tubuh. Air panas dapat dengan mudah membakar atau melukai bibir, lapisan dalam mulut dan lidah.

SUMBER : Harian Jogja

KAI Hadirkan Hype Trip KA Taksaka bagi Kaum Milenial

Previous article

Warga Samigaluh Keluarkan Tarif Listrik Rp12.000 per 35 Hari

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info