Kota Jogja

 Fenomena Anomali, Harga Naik Wisata Tetap Ramai

0
wisata jogja
Ilustrasi wisatawan sebelum pandemi
STARJOGJA.COM, Info –  Kepala Dispar Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko menyebut fenomena anomali kunjungan wisatawan di tengah naiknya harga barang imbas kenaikan BBM. Hingga saat  ini wisatwan yang datang ke Kota Jogja tetap ramai di tengah naiknya harga-harga.

Ia mengatakan dari tiga indikator yang digunakan pihaknya untuk mengukur tren kunjungan wisatawan semuanya menunjukkan angka yang optimal. Lama tinggal wisatawan atau length of stay (los) berada di angka 1,8 hari dari target 1,7 hari, belanja wisata sebanyak Rp1,8 juta dari target Rp1,6 juta dan kunjungan wisatawan berada di angka 4,5 juta dari target 2 juta orang.

“Itu data Agustus yang kami dapat awal September, jadi memang ada fenomena anomali wisata yang arahnya positif karena semua indikatornya naik dan ini memang harus dijaga untuk memanfaatkan momentum ke depan,” kata Wahyu, Selasa (27/9/2022).

Wahyu menjelaskan, kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu memang sempat membuatnya khawatir lantaran diprediksi bakal membuat para pengunjung berpikir dua kali untuk berlibur di Jogja. Namun dengan banyaknya agenda lokal dan nasional membuat kunjungan ke tempat ini semakin meningkat.

Baca juga: Razia Acak Tes Antigen Bakal Dilakukan di Lokasi Wisata Jogja

“Kekhawatiran memang ada akibat kenaikan BBM tapi dengan diimbangi strategi yang memperbanyak event wisata, geliatnya sudah mulai nampak ke arah positif,” kata Wahyu.

Ditambah lagi dengan adanya perayaan HUT Kota Jogja yang ke-266 dan diselenggarakan pada awal Oktober mendatang, pihaknya optimistis gelaran ini akan menambah kunjungan wisatawan ke kota pelajar. Dispar sendiri menargetkan sebanyak 500.000 sampai satu juta orang berkunjung dalam rangkaian acara HUT Kota Jogja.

“Kami targetkan untuk rangkaian acara HUT Kota Jogja ini sejak 1 sampai 9 Oktober nanti akan kita lihat di awal November statistiknya seperti apa dan targetnya 500.000 sampai 1 juta orang akan berkunjung,” ungkap dia.

Sejumlah industri pariwisata juga telah mulai menjajakan paket dengan menawarkan beragam event yang nantinya diselenggarakan dalam peringatan hari jadi Kota Jogja itu. Di sisi lain, Dispar secara khusus juga akan mempromosikan agenda HUT Kota Jogja dalam acara pesona budaya nusantara pada 29 dan 30 September mendatang di Jakarta.

“Kami akan mengundang sekitar 90 potensial buyer di sana untuk kami promosikan event HUT kita, bahwa ada 14 rangkaian acara mulai dari olahraga, kuliner, seni dan budaya bahkan pecinta kopi juga akan kita manjakan,” lanjut dia.

Gandeng Influencer

Wahyu juga menambahkan, Dispar juga akan menggandeng influencer luar negeri untuk menggaet wisatawan mancanegara. Mereka akan diajak berkeliling di Jogja dan membuat konten seputar pariwisata dan mengunggahnya di sosial media untuk menarik lebih banyak pengunjung asal luar negeri ke wilayah ini.

“Kami undang tanggal 6,7,8 Oktober dan akan kami ajak mereka keliling Jogja dan minta untuk dijadikan konten di sosmed mereka, ada YouTuber dari Singapura, Malaysia dan dalam negeri yang akan kami undang untuk meramaikan acara ini sekaligus promosi,” pungkas Wahyu.

Sumber : Harian Jogja

Penyakit Diabetes di Dunia Tipe 1 Hampir 8,4 Juta Orang 

Previous article

Konsumsi Ikan di Bantul Masih Rendah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja