Health

Penyakit Diabetes di Dunia Tipe 1 Hampir 8,4 Juta Orang 

0
penyakit diabetes
ist
STARJOGJA.COM, Info – Hampir 8,4 juta orang saat ini hidup dengan penyakit diabetes tipe 1, dan jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi 13,5 hingga 17,4 juta pada tahun 2040.
Dalam sebuah studi pemodelan baru yang diterbitkan dalam The Lancet Diabetes & Endocrinology memperkirakan bahwa sekitar 3,1 juta orang akan hidup pada tahun 2021 jika mereka tidak meninggal sebelum waktunya sebagai akibat dari perawatan yang buruk untuk diabetes tipe 1 dan lebih dari 700.000 masih akan hidup jika mereka tidak meninggal karena penyakit mereka.
Untuk penelitian ini, para peneliti memodelkan data tentang prevalensi diabetes tipe 1 pada masa kanak-kanak, remaja dan dewasa di 97 negara, dengan proyeksi prevalensi di masa depan hingga tahun 2040.
Studi tersebut menemukan bahwa dari 8,4 juta orang dengan diabetes tipe 1, 18% berusia di bawah 20 tahun, 64% berusia antara 20-59 tahun, dan 19% berusia di atas 60 tahun.
Studi tersebut juga mengungkapkan satu dari lima kasus kematian akibat diabetes tipe 1 terjadi di bawah usia 25 tahun dan memiliki diabetes yang tidak terdiagnosis. Studi tersebut mengungkapkan bahwa lebih banyak orang dewasa daripada anak-anak yang didiagnosis setiap tahun, dengan usia diagnosis rata-rata 32 tahun.
Dr. Ambrish Mithal, Ketua Endokrinologi dan Diabetologi, Medanta menjelaskan, diabetes tipe 1 banyak ditemukan pada anak-anak dan juga terlihat pada orang dewasa.
Hal ini ditandai dengan defisit insulin yang parah karena kurangnya sekresi insulin di pankreas ini mengembangkan kondisi yang mengancam jiwa yang disebut ketoasidosis diabetik. Negara-negara dengan perkiraan prevalensi diabetes tipe ini tertinggi adalah: Amerika Serikat, India, Brasil, Cina, Jerman, Inggris, Rusia, Kanada, Arab Saudi, dan Spanyol.
Negara-negara ini menyumbang 5,08 juta atau 60% dari kasus global diabetes tipe 1, studi tersebut menemukan. Penyakit ini, yang merupakan gangguan endokrin yang sangat umum pada anak-anak, banyak ditemukan di India.
Menurut data dari Federasi Diabetes Internasional, dengan 229.400 kasus, India saat ini memiliki perkiraan prevalensi kasus diabetes tipe 1 tertinggi di antara orang-orang di bawah usia 20 tahun. Hampir 24.000 kasus baru diabetes tipe 1 ditambahkan setiap tahun.
“Diabetes tipe 1 ditandai dengan penurunan atau tidak ada produksi insulin karena penghancuran autoimun sel pulau pankreas yang memproduksi insulin. Sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel beta pankreas yang memproduksi insulin sebagai hasilnya, baik sangat sedikit atau tidak sama sekali. insulin diproduksi oleh tubuh,” jelas Dr. Khalid J Farooqui, Konsultan Utama – Endokrinologi & Diabetes, Rumah Sakit Max Gurugram.
 Dibandingkan dengan diabetes tipe 2, faktor risiko diabetes tipe 1 kurang dipahami dengan baik.
“Faktor genetik memiliki peran kunci. Diabetes tipe 1 lebih mungkin terjadi pada mereka yang memiliki gen tertentu. Risiko seseorang terkena diabetes tipe 1 sedikit meningkat jika mereka memiliki orang tua atau saudara yang menderita penyakit ini,” kata para ahli.

 

Sumber : Bisnis

Sleman Susun Raperda Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan dan Pemukiman Kumuh

Previous article

 Fenomena Anomali, Harga Naik Wisata Tetap Ramai

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health