CulinaryFlash Info

Rendang Kini Diproduksi Pabrik di Bulgaria

0
rendang bulgaria
FOTO : ANTARA

STARJOGJA.COM, INFO – Rendang Kini Diproduksi Pabrik di Bulgaria. Rendang diproduksi oleh Pabrik rendang terbesar di Bulgaria bernama Pabrik Bella Ltd.

COO Bella, Ltd, Dimitar Mitev menyampaikan alasan mereka membangun pabrik di Bulgaria karena rendang dinilainya akan sukes di pasar global.

“Kami akan mengajarkan masyarat Eropa bagaiamna cara mengkonsumsi rendang agar terasa nikmat mengikuti ala Eropa,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Jumat (7/10/2022).

Diketahui, Bella memiliki rantai distribusi dan juga sebagai market laeder produk makanan di Balkan. Perusahaan ini memiliki gudang logistik dengan luas 54.000 meter persegi, dengan 160 distributor yang tersebar di Bulgaria.

Sebagai investasi tahap awal, lanjut Dimitar Mitev, pihaknya menargetkan untuk memproduksi lebih dari 18 ton per bulan ke seluruh Bulgaria dan Eropa. Jika pasarnya mulai melebar, Bella akan mentambahkan lagi mesin produksinya. “Kami bisa pastikan rendang ini bisa dinikmati oleh masyarakat Muslim karena telah kami lengkapi juga dengan sertifikasi halal,” ucap dia.

Dubes Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Bulgaria, Makedonia Utara, dan Albania, Iwan Bogananta mengapresiasi upaya Bulgaria, khususnya perusahaan Bella, Ltd yang telah mempercayai Indonesia untuk bekerja sama dan berinvestasi dalam mendirikan pabrik khusus pengolahan Rendang Padang.

Dia memaparkan, proses negosiasi ini telah dimulai sejak akhir 2021, dan diluncurkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno dengan titel Rendang Goes to Europe, pada awal 2022 di Bali.

Dia menambahkan, nantinya seluruh bumbu rendang akan dikirim langsung dari Indonesia lalu diolah dengan menggunakan daging halal dari Bulgaria dan negara sekitar.

“Sukses bekerja sama produksi rendang, ke depan pihak Bella komit akan memproduksi makanan khas Indonesia lainnya,” ucap Iwan saat meninjau uji coba proses produksi rendang tersebut.

Sementara itu, pakar kuliner Wiliam Wongso yang ikut hadir uji coba memberikan masukan secara teknis industrial pengerjaan produksi rendang, dari kualiti kontrol penggunaan bumbu, pengaturan daging hingga menjadi end product. Juga selanjutnya terkait pengemasan dan pemasaran.

“Langkah Dubes Iwan Bogananta dan ini sangat konkret dengan melalui proses negosiasi yang cepat, akhirnya rendang bisa diproduksi dengan teknologi canggih oleh perusahaan besar Bulgaria, Bella, Ltd,” kata pria yang akrab disapa Om Will itu.

Konser Justin Bieber di Jakarta resmi ditunda

Previous article

Yuk Antisipasi! Ini Dia Jadwal Pemeliharaan Listrik Wilayah Yogyakarta Tanggal 10 Hingga 15 Oktober 2022

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary