Flash InfoLifestyle

Tak cuman Enak, Benarkah Popcorn Bisa Bantu Diet?

0
popcorn diet

STARJOGJA.COM, LIFESTYLE – Tak cuman Enak, Benar Popcorn Bisa Bantu Diet? Menikmati popcorn sambil nonton film wajib hukumnya. Tidak lengkap jika tidak membeli popcorn untuk disantap sembari menonton film. Camilan yang proses pembuatannya meledak-ledak ini juga enak dinikmati kala bersantai.

Tahukah anda jika Camilan dari jagung ini ternyata punyai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Berikut ini fakta nutrisi mengenai popcorn berdasarkan beberapa sumber!

Dalam 24 gram popcorn atau setara dengan tiga cangkir, dapat mengandung 18.6 gram karbohidrat, 93 kalori, 1.1 gram lemak, 1.9 natrium, 3.6 gram serat, 0.2 gram gula, 3 gram protein, serta 34.5 mg magnesium.

1. Kaya akan serat, bantu proses pencernaan
Serat yang terkandung dalam 3 cangkir popcorn atau 24 gram, setara dengan 1 cangkir nasi merah ataupun oatmeal. Sebagian serat yang terkandung dalam popcorn ini merupakan serat tidak larut yang dapat membantu membangun massa dalam tinja dan mempercepat waktu transit melalui usus.

2. Serat juga bantu penurunan berat badan
Proses pencernaan lancar karena kandungan serat yang tinggi, juga dapat membantu penurunan berat badan. Selain itu, kalori yang terkandung dalam popcorn juga cukup rendah. Meskipun demikian, popcorn tetap bisa memberikan rasa kenyang hampir setara dengan camilan yang kurang sehat dan berlemak.

3. Serat tidak larut dan polifenol juga berguna cegah divertikulitis
Divertikulitis merupakan infeksi atau peradangan pada saluran pencernaan yang menyebabkan terbentuknya kantong yang tidak normal di usus. Asupan serat dapat mengurangi stres pada usus. Lalu, dengan kandungan polifenol dalam popcorn ini dapat membantu mengurangi peradangan yang dapat memicu serangan divertikular

4. Termasuk biji-bijian utuh, bisa turunkan risiko diabetes
Mengonsumsi biji-bijian utuh dapat menurunkan risiko diabetes tipe-2, terutama untuk lansia. Popcorn yang merupakan olahan dari biji jagung juga termasuk biji-bijian utuh. Lalu, popcorn juga termasuk makanan yang rendah Indeks Glikemik (GI), ini bisa membantu jaga kadar gula rendah dan menghindari fluktuasi yang terkait dengan makanan tinggi GI.

5. Sumber polifenol, bantu menangkal penyakit
Antioksidan yang terkandung dalam popcorn adalah polifenol. Penelitian tahun 2016 menunjukkan bahwa flavonoid dan isoflavon dapat membantu melindungi kanker payudara dan prostat. Polifenol ini termasuk flavonoid, asam fenolik, lignan, dan stilbenes.

Cara kerja polifenol dalam tubuh adalah dengan menghilangkan radikal bebas, sehingga dapat mengurangi peradangan, meningkatkan sirkulasi darah serta menurunkan tekanan darah. Kemudian dalam proses selanjutnya ini bisa, mengurangi risiko aterosklerosis dan penyakit kardiovaskular.

188 Sekolah di Bantul Gelar Pemilos Melalui Aplikasi Evoss

Previous article

Ini Bayaran Lee Jung Jae untuk Main di Squid Game 2

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info