NewsPendidikan

Ke Mandalika, Garuda UNY Berlaga di Shell Eco Marathon Asia 2022

1
tim garuda UNY
tim garuda UNY (Humas UNY)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Ke Mandalika, Garuda UNY Berlaga di Kompetisi Shell Eco Marathon Asia 2022.

Tim Garuda Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sabtu (8/10/2022) resmi bertolak menuju Sirkuit Mandalika Lombok guna berlaga dalam Kompetisi Ontrack Shell Eco Marathon 2022, pada 11-15 Oktober 2022. Perjalanan darat selama 40 jam digunakan untuk mematangkan persiapan tim.

“Tim kami yang berangkat sebanyak 27 personel,” kata Manager Garuda UNY, Kesit Bayu Purnomo, Rabu (12/10/2022).

Perjalanan panjang ini, menurut Kesit, harus ditempuh dan dijalani karena berkaitan erat dengan target juara 1 yang telah ditetapkan oleh Tim Garuda UNY. Timnya akan memaksimalkan segala kekuatan yang dimiliki.

Kompetisi Ontrack Shell Eco Marathon 2022 masih merupakan rangkaian kompetisi Shell Eco Marathon 2019. Kompetisi ini dibagi menjadi tiga berdasarkan region, yaitu Amerika, Eropa, dan Asia Pasifik.

“Berdasarkan jenis kendaraan, Shell membagi kompetensi menjadi kategori urban concept dan prototype. Selama 6 tahun perjalanan Shell Eco Marathon Asia, ini adalah kali pertama bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah. Shell memilih Sirkuit Mandalika Lombok sebagai tempat berlangsungnya persaingan ketat tim-tim mobil hemat energi di seluruh Asia Pasifik,” lanjut Kesit.

Dalam ajang serupa, prestasi yang pernah dicapai Tim Garuda UNY yaitu mendapatkan Juara 2 Kategori Urban Gasoline dalam Kompetisi Shell Eco Marathon 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Garuda Urban Gasoline 22, atau yang biasa disebut sebagai Garuda UG-22 merupakan mobil hemat energi dengan bahan bakar bensin. Penggunaan angka 22 menunjukkan tahun rilis mobil ini yaitu tahun 2022. Garuda UG-22 memiliki sejumlah keunggulan.

Penggunaan carbon fiber sebagai bahan untuk membuat body bukan tanpa alasan, carbon fiber menjadikan mobil ini ringan sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat. Mobil ini sebelumnya telah menorehkan angka 500km/L pada Kompetisi Mobil Hemat Energi 2021, kini dengan berbagai pengembangan mobil ini siap berlaga kembali dalam Kompetisi Ontrack – Shell Eco Marathon Asia 2022.

Jadwal Pemeliharaan Listrik Wilayah Yogyakarta Kamis, 13 Oktober 2022

Previous article

188 Sekolah di Bantul Gelar Pemilos Melalui Aplikasi Evoss

Next article

You may also like

1 Comment

  1. bagaimana hasil dari Kompetisi Shell Eco Marathon Asia 2022 waktu itu ? apakah sukses besar?

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News