Flash InfoHealth

Perhatian, Jangan Garuk Kulit yang Gatal

0
kulit gatal
dr. Flandiana Yogianti, Ph.D, Sp.DV, Departemen Dermatologi dan Venereologi FK-KMK UGM/RSUP Dr. Sardjito

STARJOGJA.COM, JOGJA – Pasti semua orang pernah merasakan kulit gatal. Sensasi tidak nyaman yang dirasakan di atas permukaan kulit yang membuat semua orang ingin menggaruknya. Namun apakah menggaruk gatal adalah solusi?

dr. Flandiana Yogianti, Ph.D, Sp.DV, Departemen Dermatologi dan Venereologi FK-KMK UGM/RSUP Dr. Sardjito mengatakan penyebab gatal dari tiap orang pasti berbeda.

” Gatal sendiri bersumber dari banyak hal. Bisa dari peradangan seperti dermatitis, kemudian infeksi dari bakteri, jamur, kutu dan virus, bisa juga dari penyakit genetic dan autoimmune, neoplastic, dan autoimmune,” jelasnya. 

Baca juga :  Bintik Merah dengan Gatal Tanda Gejala Corona?

Untuk mengetahui lebih lanjut penyebab gatal sendiri perlu adanya Langkah-langkah yang dilakukan. Seperti melakukan anamnesis sebelum melakukan pemeriksaan, kemudian melihat bagaimana titik gatal dan melihat kelainan kulit yang lain.

Sebelum melakukan pemeriksaan kita perlu bertanya terkait kondisi kulit sendiri. Seperti berapa lama keluhan gatal muncul, dimana lokasi titik gatal tersebut, kapan waktu puncak rasa gatal. Hal ini dilakukan untuk mengetahui secara pasti penyebab dan Langkah penanganan gatal tersebut,” jelas lanjutnya.

Hal yang sering tanpa sadar kita lakukan ketika gatal adalah menggaruk bagian gatal tersebut.  Menurut dokter fladina sendiri menggaruk akan memperparah rasa gatal dan menyebabkan bakteri dan virus dapat masuk ke dalam luka.

Untuk mengurangi rasa gatal kita dapat menepuk-nepuk pelan atau mengelus bagian kulit yang gatal. Jika kulit dirasa kering kitab isa menggunakan pelembab dengan kandungan pewangi yang sedikit untuk mendinginkan kulit,” tuturnya.

Ia juga mengatakan Kompres panas seringkali dijadikan pilihan untuk mengurangi rasa gatal. Namun, kompres panas tidak disarankan menurut anjuran dokter.

Kompres panas sangat tidak disarankan untuk menghilangkan rasa gatal. Selain dapat merusak lapisan kulit kompres panas juga hanya sebagai pengalihan otak agar kulit tidak merasa gatal,” tambah dokter Fladina.

Memperbaiki cara mandi juga menjadi salah satu cara mengatasi rasa gatal. Menggunakan air dengan suhu tubuh akan lebih baik daripada menggunakan air panas karena dapat menyebabkan kulit kering dan menimbulkan rasa gatal.

Gatal memang suatu hal yang tidak nyaman namun sebaiknya gatal tidak digaruk dan jika gatal tersebut tidak membaik setelah perawatan mandiri maka segera periksa ke dokter,” tutupnya.

Reporter : Maylin Angelica

“The Astronaut” Akan Dirilis Jin BTS Akhir Oktober 2022

Previous article

Matrix//Mayapada Menjadi Tema Pameran Seni Rupa Nandur Srawung

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info