News

OPINI : Masyarakat Merasakan Langsung Dampak Pembangunan Infrastruktur

0
pembangunan Papua
Ilustrasi Pembangunan di Papua . Jembatan Youtefa, Papua (dok Kementrian PUPR)

STARJOGJA.COM, Selama masa pemerintahan Presiden Jokowi, pembangunan infrastruktur dilakukan secara massif. Pembangunannya juga tak hanya di Jawa tetapi juga di luar Jawa. Masyarakat merasakan langsung dampaknya, di mana mobilitas mereka makin cepat dan perekonomiannya bertambah baik.

Kemegahan Bendungan Randugunting dan Stadion Papua Bangkit menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam membangun infrastruktur di Indonesia. Dengan pembangunan infrastruktur maka kehidupan masyarakat diharapkan menjadi lebih baik. Masyarakat juga merasakan dampak langsung pembangunan bendungan, karena bisa mengatasi masalah kekeringan di daerah mereka.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Sulawesi Barat, Burhanudin menyatakan masyarakat sudah banyak yang merasakan dampak positif pembangunan infrastruktur di masa pemerintahan Presiden Jokowi. Pembangunan infrastruktur adalah demi menaikkan ekonomi masyarakat.

Pembangunan infrastruktur dalam masa pemerintahan Presiden Jokowi tidak hanya jalan dan jembatan, tetapi juga bendungan di seluruh Indonesia.

Selain itu, pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Presiden Jokowi mengaplikasikan Pancasila, terutama Sila ‘Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia’. Pembangunan memang harus merata agar seluruh Indonesia merasakan manfaatnya.

Tokoh masyarakat Papua Ramses Ohee menyatakan bahwa Presiden Jokowi berkomitmen tinggi untuk membangun Papua dan Indonesia timur. Ada banyak pembangunan mulai dari jalan, jembatan, dan infrastruktur lain. Bahkan harga BBM juga ditekan dengan kebijakan BBM satu harga.

Apresiasi dari masyarakat di Indonesia timur membuktikan bahwa pembangunan infrastruktur berguna sekali bagi mereka. Terutama Jalan Trans Papua. Di mana jalan tersebut mempersingkat waktu tempuh dan mengatasi masalah-masalah yang terjadi ketika kondisi alam Papua belum dirapikan.

Sementara itu, politisi Bambang Brodjonegoro menyatakan ada beberapa dampak dari pembangunan infrastruktur yang dapat dirasakan langsung oleh rakyat. Pertama, produktivitas rakyat akan jauh meningkat. Kedua, bisa meningkatkan lapangan pekerjaan dan perekonomian rakyat. Ketiga, meningkatkan sektor lain misalnya pariwisata. Terakhir, meningkatkan jaringan informasi.

Produktivitas rakyat akan jauh meningkat karena jalan dan jembatan hasil pembangunan infrastruktur terbangun dengan sangat baik. Mereka bisa melewatinya saat akan berangkat dan pulang kerja. Masyarakat makin semangat bekerja dan produktif karena ada dukungan infrastruktur dari pemerintah.

Selain itu, infrastruktur bisa meningkatkan lapangan pekerjaan, jika suatu daerah memiliki infrastruktur yang baik maka investor asing mau menanamkan modalnya di sana. Dengan datangnya investor maka akan dibangun pabrik-pabrik dan bisa membuka lowongan pekerjaan baru. Dengan demikian jumlah pengangguran juga menurun.

Penulis : Aprilian Hutapea kontributor Persada Institute

Bayu

Antisipasi Pemerintah Hadapi Resesi Global

Previous article

La Nina Triple Dip Ini Persiapan BPBD Sleman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News