Kota JogjaNews

Ajak Membaca, Dari Buku Kami Ingin Berbagi

0
membaca buku

STARJOGJA.COM. JOGJA –  Membaca  buku merupakan kegiatan literasi yang dapat mengasah individu baik secara etika, toleransi, empati, hingga keterbukaan pikiran. Namun terdapat beberapa tempat di seluruh Indonesia yang mengalami kesulitan akses untuk mendapatkan bacaan.

Arda, volunteer dari Komunitas Buku Berbagi mengatakan dari latar belakang inilah kemudian Komunitas Buku Berbagi akhirnya terbentuk.

“Buku tidak hanya sebagai informasi, menurut kami buku itu sebagai media berbagi dengan sesama,”jelasnya.

Terletak di kawasan wisata Pantai Parangkusumo Yogyakarta, Komunitas Buku berbagi mengadakan berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan buku.

“Komunitas Buku Berbagi sendiri memiliki berbagai macam kegiatan literasi. beberapa progam kami sendiri adalah taman baca dan Sunday Sharing and Caring,”lanjut Arda.

Sunday Sharing and Caring sendiri adalah kegiatan membaca buku, crafting dan bermain bersama anak-anak di sekitar Pantai Parangkusumo.

Prita, volunteer dari Komunitas Buku Berbagi menjelaskan tujuan dari kegiatan Sunday Sharing and Caring.

“Sunday Sharing and Caring sendiri tujuannya adalah mengajak anak-anak untuk membaca buku. Karena saat ini minat baca rendah kemudian kami mengemas kegiatan membaca buku itu dengan suasana gembira. Setelah membaca buku selama 20 menit dilanjutkan crafting atau membuat kerajinan tangan dari sampah dan bermain bersama sebagai reward mereka untuk membaca”, jelas Prita.

Selain Sunday Sharing and Caring sendiri juga terdapat beberapa kegiatan lain yang juga termasuk ke dalam kegiatan literasi dari Komunitas Buku Berbagi.

“kami juga melakukan banyak kegiatan selain kegiatan rutin kami. Baik kegiatan kolaborasi atau independent. Ada perawatan Taman Baca Garduaction, distribusi buku dari donatur ke taman baca, mengelola Liteswara Podcast, galang dana, dan juga diskusi,” sambung Prita.

Berbagai harapan dan impian memperbesar semangat Komunitas Buku Berbagi untuk mengembangkan komunitas mereka.

“Tidak hanya menumbuhkan minat baca saja, mungkin ini terdengar terlalu tinggi namun menjadi salah satu cita-cita Komunitas Buku Berbagi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui gerakan edukasi dan literasi,” tutup Arda.

PENULIS : Maylin Angelica

Film “Black Adam” Raih Rp2,1 Triliun Di Pekan Pertama

Previous article

Sultan HB X Meminta Obat Tidak Aman Ditarik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja