Flash InfoJogjaKU

Jogja Ajukan Pasar Prawirotaman Sebagai Pasar SNI

0
pasar Prawirotaman SNI
Progres pembangunan Pasar Prawirotaman yang memadukan pasar tradisional dan pasar kreatif. Salah satu fitur unggulan pasar ini adalah Rooftop Prawirotaman yang diperuntukkan bagi pelaku kreatif. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati.
STARJOGJA.COM, Info – Dinas Perdagangan Kota Jogja tahun ini akan mengajukan  standar nasional Indonesia (SNI)   untuk Pasar Prawirotaman.  Kepala Bidang Pasar Rakyat Dinas Perdagangan Kota Jogja Gunawan Nugroho Utomo mengatakan rencana pengajuan SNI Pasar Prawirotaman menjadi langkah awal  bagi pasar rakyat di Kota Jogja.
SNI diharapkan dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada seluruh pengunjung pasar.

“Kami berupaya agar bisa melestarikan pasar rakyat dengan digitalisasi pasar rakyat. Ini menjadi pergeseran proses transaksi belanja. Pasar rakyat harus berbenah dan berubah dengan digitalisasi,” kata Gunawan dalam sosialisasi Pasar Prawirotaman ber-SNI di lantai keempat Pasar Prawirotaman, Jogja, Senin (24/10/2022).

Baca juga : Pasar Prawirotaman Jadi Role Model Pengawasan Barang Pasar Tradisional

Gunawan tetap berharap kearifan lokal Pasar Prawirotaman sebagai pasar rakyat terus terjaga.

“Digitalisasi butuh proses. Pasar Prawirotaman, dengan infrastruktur bantuan Pemerintah Pusat yang sedemikian baik, harus diselaraskan dan disinergikan dengan kearifan lokal. Pedagang yang masih berjualan dengan cara tradisional kami tingkatkan melalui digitalisasi agar dapat lebih baik lagi, tanpa mengurangi modal sosial pasar rakyat itu sendiri,” ujar dia.

Sub Koordinator Substansi Sarana dan Prasarana Pasar Rakyat Dinas Perdagangan Kota Jogja, Dwi Nanto, mengatakan Pasar Prawirotaman sudah menjadi pasar sehat. Sebagian besar proses operasionalnya sudah sesuai dengan SNI.

Namun menurutnya masih ada beberapa yang perlu disesuaikan.

“Sudah banyak yang sesuai SNI, tetapi masih ada beberapa yang kami sesuaikan. Terkait dengan yang lain, kami lakukan pemeriksaan terkait dengan kualitas air, dan hasilnya sudah baik,” kata dia.

Saat ini Pasar Prawirotaman sebagai pasar tipe 2 memiliki 502 perdagangan. Standar operasional prosedur yang akan diajukan untuk mengantongi SNI ada 24 jenis.

Sumber :  Harian Jogja

Bayu

Obat yang Tidak Aman oleh BPOM Ternyata Laris Manis

Previous article

Pemadaman Listrik Yogyakarta, 25 Oktober 2022

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info