News

3 Tempat Saksi Bisu Sumpah Pemuda

0
Hari Sumpah Pemuda
Hari Sumpah Pemuda (Foto: StarFM)

STARJOGJA.COM – 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. 94 tahun yang lalu, pemuda-pemuda Indonesia sedang berkumpul dan mengikrarkan sebuah sumpah yang lahir dari hasil Kongres Pemuda II.

Ikrar ini yang kemudian menjadi bagian penting dari terbentuknya sejarah Indonesia.

Sumpah Pemuda saat ini menjadi sejarah yang sangat lekat terhadap Indonesia. Tidak hanya melahirkan ikrar yang merubah Indonesia, peristiwa Sumpah Pemuda juga melahirkan tempat-tempat bersejarah yang menjadi saksi bisu peristiwa bersejarah ini. Berikut beberapa tempat yang bersejarah itu.

Gedung Katholieke Jongenlingen Bond

Lokasi pertama terletak di kawasan Lapangan Banteng Jakarta Pusat yang saat ini menjadi Yayasan Pendidikan Santa Ursula. Lokasinya berada dalam gedung sekolah dan bangunannya masih asli hanya mengalami sedikit modifikasi. Merupakan lokasi rapat pertama yang dilaksanakan pada 27 Oktober 1928. Soegondo menjadi pemimpin dan berisi paparan oleh Mohammad Yamin yang membahas lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.

Gedung Oost-Java Bioscoop

28 Oktober 1928, rapat berlanjut di Gedung Oost-Java Bioscoop. Sayangnya, saat ini gedung ini sudah tidak berdiri. Dulu, letak gedung ini berada di Jalan Merdeka Utara dan tidak jauh dari Mahkamah Agung dan Istana Negara.

Pada rapat kedua yang terdapat dua pembicara yaitu Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro ini, para pemuda membahas tentang pendidikan.

Gedung Indonesisch Huis Kramat (Museum Sumpah Pemuda)

Lokasi ketiga yang saat ini terkenal dengan Museum Sumpah Pemuda dan berada di Jalan Kramat Raya 106 Jakarta Pusat, menjadi saksi dari pembacaan hasil rumusan Sumpah Pemuda. Pada sesi rapat terakhir pada tanggal 28 Oktober 1928, pemuda membicarakan mengenai pentingnya nasionalisme dan demokrasi. Selain itu, gerakan kepanduan juga menyatakan perlu menanamkan kepada anak-anak sejak dini agar mereka memiliki sikap disiplin dan mandiri.

Baca Juga: GO-JEK Gandeng ELTI Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mitra Driver

Di tempat inilah para pemuda dari berbagai organisasi pergerakan, bahkan yang bersifat kedaerahan kembali berkumpul mencetuskan naskah Sumpah Pemuda. Di antaranya adalah Jong Java, Jong Ambon, Jong Sumatranen Bond, Sekar Rukun, Jong Islamieten Bond, Jong Bataks Bond, Jong Celebes, Pemuda Kaum Betawi, dan PPPI. (Maylin Angelica)

Sumber : Antara

Muncul Covid-19 Omicron XBB, Pakar UGM : Jangan Panik!

Previous article

Resmi Membeli Twitter, Elon Musk Rombak Pimpinan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News