FeaturegaleryNews

Panti Rapih Beri Cara Sikapi AKI atau Gangguan Ginjal Akut

0
Gangguan Gagal Ginjal
Dr. Maria Rulina, SpA., M.Sc. Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta
STARJOGJA.COM, Info – Para orang tua resah dengan tingginya kasus gangguan ginjal akut pada anak juga kebingungan jika anaknya sedikit demam dan mengonsumsi obat-obat yang telah ditarik pemerintah.  Gangguan ginjal akut pada anak atau Acute Kidney Injury sendiri adalah gangguan dan penurunan fungsi ginjal secara mendadak yang terjadi pada usia anak-anak.

Zat Etilen Glikol yang berlebih dosisnya kemudian ditemukan pada beberapa anak yang mengidap gangguan ginjal ini. Namun hal ini masih bersifat dugaan karena belum bisa dipastikan kebenaranya.

Dr. Maria Rulina, SpA., M.Sc. Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta menjelaskan kegunaan dari Etilen Glikol itu di dalam obat syrup anak.

“ Etilen Glikol merupakan obat pencampur syrup jadi tidak selalu di paracetamol syrup namun semua obat syrup tentu ada kandungannya. Hanya saja dosisnya memiliki batasan,” jelasnya  Star FM (31/10/2022).

Baca juga : Kasus Kematian Gagal Ginjal Akut Anak di Indonesia Hampir 100 Kasus

Dari dugaan ini kemudian ada hal lain yang perlu diperhatikan. Adanya faktor-faktor lain ini kerap kali dilupakan karena adanya dugaan obat syrup ini.

“Penyebab anak-anak terkena gangguan ginjal akut sendiri ada banyak. Beberapa penyebab itu misalnya dehidrasi atau kebutuhan cairan anak tidak tercukupi dan juga infeksi dari bakteri atau virus. Namun hal ini kerap dilupakan oleh para orangtua karena dugaan Etilen Glikol ini,” lanjutnya.

Dampak lain dari dugaan ini adalah terjadinya kepanikan dari para orangtua ketika anaknya mengalami demam.

“Kemudian ketika anak terkena demam, janganlah panik. Demam sendiri merupakan cara tubuh untuk melawan bakteri dan virus. Sehingga ketika anak-anak terkena demam jangan panik,” tambah dokter Maria.

Beberapa tips yang dapat dilakukan ketika anak demam diberikan oleh dokter Maria.“Jika menghadapi anak demam pertama jangan panik. Jangan juga buru-buru memberinya obat, beri kompres yang hangat bukan dingin. Cukupi kebutuhan cairan dari anak. Jika ditemukan gangguan-gangguan yang meragukan bawa ke layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan kepastian,” tutup dokter Maria.

Penulis : Maylin Angelica

Bayu

Oon Nusihono Divonis Tiga Tahun Penjara

Previous article

RM BTS Konfirmasi Rilis Album Solo Bulan Ini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature