FeaturegaleryKota JogjaNews

Atur Keluarga Berencana dengan KB Kekinian

0
kb kekinian

STARJOGJA.COM. JOGJA – Atur Keluarga Berencana dengan KB Kekinian . Keseimbangan diperlukan disetiap bidang kehidupan. Salah satu progam negara untuk menyeimbangkan angka kelahiran dan kematian adalah progam Keluarga Berencana.

Herristanti, S.Psi., Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Yogyakarta mengatakan Keseimbangan angka kelahiran dan kematian sendiri sangat berpengaruh terhadap semua bidang, baik ekonomi, Pendidikan, dan lain sebagainya.

“KB adalah upaya menjarangkan kehamilan dan mengatur jarak kehamilan. Progam KB sendiri bukan untuk membatasi jumlah keturunan, namun dari pemerintah sendiri menyarankan untuk 2 anak cukup,” jelasnya saat berbincang di Star FM, Jumat ( 04/11).

Ia mengakui masayarakat masih ada yang menggunakan KB tradisional.

“KB kekinian sendiri merupakan KB yang menggunakan alat.banyak dari masyarakat yang menggunakan KB tradisional yang massih memiliki resiko tinggi untuk kehamilan,” Ungkapnya.

KB kekinian sendiri memiliki beberapa jenis. Metode ini terbagi menjadi 2 yang memiliki caranya masing-masing.

Dalam kesempatan yang sama, Ummatul Baroroh, S.Si.T, MPH Analisis Ahli Muda Substansi Keluarga Berencana Kota Yoyakarta menjelaskan 2 jenis KB ini.

“Terdapat 2 jenis KB, yaitu jangka panjang dan non-jangka panjang. Jangka panjang ini terdiri dari Ayudi, Implant, MOW (untuk wanita) dan MOP (untuk pria). Sedangkan non jangka panjang ada suntik, pil dan kondom,” terang Umma.

Ada juga metode terbaru yaitu Amenorektasi yang saat ini diperkenalkan kepada masyarakat.

“Amenorektasi sendiri KB yang menyesuaikan keadaan biologis seorang ibu menyusui. Jadi keberhasilannya ditentukan dari bagaimana proses menyusui ibu,” lanjutnya.

Untuk wilayah Yogyakarta sendiri KB IUD merupakan pilihan terbanyak karena aman dan ekonomis.

“Jumlah KB di jogja sendiri sudah sesuai dengan target pemerintah. Karena datanya jumlah keluarga yang memiliki anak adalah 1,6 dimana ini lebih rendah daripada 2,”sambung Herristanti.

Progam KB sendiri akan terus dilanjutkan oleh DP3AP2KB Kota Yogyakarta. Terdapat juga penawaran berbentuk reward dari pemerintah untuk Progam KB ini sendiri.

“KB Kekinian sendiri tersedia untuk seluruh masyarakat. Disamping itu pemerintah juga menyiapkan reward untuk masyarakat Yogyakarta yang ber-KB menggunakan MOW dan MOP sebesar 1 juta rupiah. Dengan dukungan dari pemerintah sendiri sebagai masyarakat mari mendukung progam pemerintah KB untuk 2 anak cukup,”Pungkasnya.

PENULIS : Maylin Angelica

Simak talkshow lengkapnya di video berikut :

 

Manfaat Air Beras Untuk Kecantikan

Previous article

Menurut Survei, Ini Alasan Orang-orang Masih Membaca Novel Berlabel 18+

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature