Lifestyle

Jaga Kulit Dari Jerawat Dan Kulit Kusam

0
bercak panu
Jerawat dan Kulit Kusam (Foto : Alodokter)

STARJOGJA.COM – Kulit bersih dan sehat merupakan dambaan setiap orang, apalagi kulit yang sehat juga dapat merepresentasikan kesehatan tubuh kita dan memiliki peran penting dalam menciptakan kesan pertama terhadap orang lain.

Namun seringkali kita berhadapan dengan berbagai masalah kulit yang sulit teratasi, salah satunya yang paling umum terjadi yakni timbulnya jerawat pada kulit berminyak.

Faktor penyebab jerawat dapat disebabkan oleh beberapa hal, yakni infeksi bakteri Propionibacterium acnes, faktor genetik, lingkungan, hormonal dan gaya hidup seperti merokok, mengkonsumsi minuman keras, stress, kurang tidur, asupan makanan yang kurang sehat dan lain sebagainya.

Beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kulit agar terhindar dari masalah-masalahnya adalah.

Rutin membersihkan wajah

Langkah pertama untuk mencegah timbulnya jerawat. Khususnya pada kulit wajah yang cenderung berminyak dengan mencuci wajah secara rutin.  Maksimal 2 kali sehari menggunakan sabun khusus wajah.

Hal ini akan membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah sekaligus membantu membersihkan pori-pori dari resiko tersumbat akibat pemakaian kosmetik dan kotoran debu yang hinggap saat beraktivitas.

Menggunakan obat jerawat

Untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat, perlu juga kiranya untuk mengaplikasikan obat jerawat dalam bentuk krim, salep ataupun gel yang mengandung, asam salisilat, asam alfa hidroksi, dan sulfur.

Namun jika penggunaan obat jerawat tersebut tidak membuahkan hasil maksimal coba untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Baca Juga : Khasiat Temulawak Untuk Skincare Wajah

Menerapkan gaya hidup sehat

Banyak diantara kita yang belum menyadari pentingnya menerapkan gaya hidup sehat untuk memperoleh kulit yang sehat. Para ahli setuju bahwa untuk mendapatkan kulit yang sehat, perlu untuk memperhatikan makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Selain itu, gaya hidup sehat perlu dukungan dengan rutin berolahraga, tidak mengkonsumsi minuman keras dan tidak merokok.

Mengkonsumsi suplemen atau vitamin

Merawat kulit tidak hanya menjaganya dari luar namun kita perlu menjaganya dari dalam. Salah satu cara menjaga kesehatan kulit dari dalam adalah dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin yang dapat menutrisi kulit dari dalam.

Beberapa nutrisi yan kulit butuhkan adalah Vitamin C, Vitamin E, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin K, Vitamin D, Selenium, Tembaga, Zinc, ALA, DMAE, Asam Lemak Esensial dan Asam Hyaluronat. (Maylin Angelica)

Sumber : Antara

MAMA Awards Diramaikan J-Hope BTS hingga 3RACHA

Previous article

Warga Jogja, Yuk Daftar Jadi Peserta JKN PDPD

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle