JogjaKU

Antisipasi Bencana Longsor, Bantul Pantau Titik Rawan 

0
longsor bantul
FOTO : JIBI
STARJOGJA.COM, Info – Kejadian longsor di daerah lain membuat kabupaten Bantul mitigasi rawan longsor mencegah timbulnya korban jiwa maupun kerugian materiil. Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan para relawan agar terus melakukan pemantauan dan mitigasi bencana longsor di lokasi rawan bencana.

“Pada musim hujan ini pantauan kita terus lakukan dan laporan setiap saat ini harus di-‘update’ dan masuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah, sehingga kita bisa lebih dini mencegah terjadinya korban,” katanya.

Menurut dia, hujan deras yang mengguyur wilayah Bantul dalam beberapa hari terakhir telah mengakibatkan sejumlah kejadian, misalnya tanah longsor, banjir, dan berdampak pada kerusakan talud maupun tebing di lokasi terdampak.

Baca juga : Hujan Deras, 2 Tanah Longsor di Bantul

“Beberapa bencana longsor yang terjadi ini untuk sementara waktu belum bisa kita tangani secara sempurna, karena kita memerlukan penganggaran lebih lanjut yang pelaksanaannya itu harus ditanggung anggaran,” katanya.

Menurut dia, anggaran yang tidak sedikit diperlukan agar pembangunan kembali talud-talud yang rusak dan longsor itu bisa dilakukan secara optimal, namun yang penting saat ini adalah harus dilakukan pencegahan adanya korban jiwa dengan selalu memantau titik rawan bencana.

Komandan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Bantul Aka Luk Luk Firmansyah mengatakan, total kejadian dampak cuaca ekstrem hujan deras di Bantul pada 1-22 November sebanyak 50 kejadian.

“Kejadian tersebut meliputi 24 pohon tumbang tersebar di 11 kecamatan serta 26 kejadian gerakan tanah, longsor, dan erosi yang tersebar di tujuh kecamatan,” katanya.
 

 

Sumber : antara

Bayu

Buktikan Kemeriahan Nonton Piala Dunia di éL Hotel Royale Malioboro

Previous article

JFFE 2022, Gaungkan Kolaborasi Pengembangan Ekosistem Kota Festival

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU