JogjaKU

JFFE 2022, Gaungkan Kolaborasi Pengembangan Ekosistem Kota Festival

0
Jogja Festivals Forum  Expo
Jogja Festivals Forum  Expo

STARJOGJA.COM, Info –   Jogja Festivals Forum  Expo akan kembali hadir di Pendopo Royal Ambarrukmo pada 24-25 November 2022. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, edisi JFFE kali ini akan berfokus pada tema penguatan pondasi regional festival di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangka mewujudkan City of Festivals JFFE 2022 didukung oleh Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Ambarukmo Group dan Pelaku Event Jogja.

JFFE 2022 adalah acara yang diinisiasi oleh Jogja Festivals (JOGFEST), sebuah platform strategis untuk ekosistem festival pertama di Indonesia. Jogja Festivals telah didirikan di Yogyakarta oleh 15 festival pelopor Yogyakarta sejak 21 September 2014 sebelum diresmikan pada 9 Maret 2017. Jogja Festivals saat ini telah menjadi rumah bagi lebih dari 70 festival yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam rangka memperkuat jaringan ekosistem festival, penyelenggaraan JFFE 2022 akan mengambil tema penguatan ekosistem festival terhadap isu-isu regional Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini melihat potensi festival di Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai katalisator ekonomi kreatif yang mampu membangkitkan roda ekonomi dan pariwisata setelah masa pandemi COVID-19.

Baca juga : Festival Pasar Harmoni Angkat Kuliner dan Kriya Lokal

Berbagai isu terkait penguatan ekosistem festival akan dikupas tuntas selama dua hari melalui berbagai program acara JFFE 2022. Hari pertama pelaksanaan JFFE 2022 (24/11) akan berfokus pada program diskusi dan forum festival seperti Symposium, Focused Group Discussion (FGD), dan Talkshow.

Simposium pada hari pertama akan mengundang pembicara dari lembaga-lembaga di dalam dan luar Daerah Istimewa Yogyakarta melalui diskusi bertajuk "Festival in Past, Present, and Future. Selanjutnya, Focused Group Discussion akan dilaksanakan untuk menyusun  Draft Legislasi sebagai Payung Hukum Festival dan Event di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Hari pertama akan diakhiri dengan Talkshow bertajuk  Festival Funding &  Policy  yang membahas isu pendanaan yang penting dalam membangun
ekosistem festival yang ideal.

Jika hari pertama menjadi ajang untuk berdiskusi, hari kedua (25/11) pelaksanaan JFFE akan menjadi wadah bagi festival untuk bertemu langsung dan berjejaring dengan para pemangku kepentingan melalui program 1-on-1 Meeting serta Social Networking Event, di Pendopo Royal Ambarrukmo.

JFFE 2022 juga akan dimeriahkan oleh Festival Expo yang dapat dikunjungi oleh publik selama dua hari penyelenggaraan acara. Sebagai penutupan JFFE 2022, akan dihadirkan Javanese Afternoon Tea Ceremony  Patehan  dengan para stakeholder serta Festival Gigs yang akan menampilkan berbagai pertunjukan seni dari pelaku festival yang tergabung dalam JFFE 2022.
Program-program JFFE 2022 dapat diakses oleh publik secara luring di Pendopo Royal Ambarrukmo dan daring. informasi terbaru terkait JFFE 2022 juga dapat diakses melalui instagram @jogjafestivals. JFFE 2022 juga didukung oleh Kantor Lurah Ideaworks, dan GMedia. Sampai jumpa di Jogja Festivals Forum  Expo pada 24-25 November 2022 di Pendopo Royal Ambarrukmo.
Bayu

Antisipasi Bencana Longsor, Bantul Pantau Titik Rawan 

Previous article

Tiktok Buka Ribuan Lowongan Kerja, Tertarik?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU