Flash InfoJogjaKULifestyle

Pemkab Sleman Imbau Outbound Susur Sungai di Sleman Ditiadakan

0
outbound susur sungai

STARJOGJA.COM, Info – Berdasarkan pengalaman soal susur sungai, pemerintah Sleman melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, meminta pengelola desa wisata tidak membuat kegiatan outbound susur sungai kepada tamu atau pengunjung. Terutama saat musim hujan dan cuaca ekstrem yang melanda DIY.

“Selain kegiatan susur sungai, kegiatan lain yang rawan dan berpotensi menimbulkan bahaya saat musim hujan agar jangan diagendakan,” kata Kepala Bidang Pengembangan SDM dan Usaha Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Nyoman Rai Savitri di Sleman soal outbound susur sungai , Rabu (23/11/2022).

Menurut dia, kegiatan yang dinilai rawan tersebut diantaranya perjalanan di kawasan perbukitan yang rawan longsor, maupun aktivitas di embung yang terhubung aliran sungai.

“Selain itu pengelola juga kami minta untuk mewaspadai pohon-pohon besar yang ada di lingkungan desa wisata, terutama yang rawan tumbang,” katanya.

Baca juga : Terdakwa Kasus Susur Sungai Sempor Divonis 1 Tahun

Ia mengatakan Dinas Pariwisata Sleman beberapa waktu lalu telah memberikan pelatihan penanggulangan bencana kepada para pengelola dan pelaku wisata.

“Dengan bekal pelatihan tersebut diharapkan pelaku wisata dapat melakukan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana terutama untuk pertolongan pertama jika terjadi bencana,” katanya.

Rai Savitri juga meminta pengelola untuk terus mengikuti perkembangan cuaca dari BMKG Yogyakarta dan selalu menjalin komunikasi dengan BPBD Sleman maupun komunitas relawan penanggulangan bencana.

“Sedangkan bagi desa wisata yang berada di kawasan lereng Gunung Merapi juga kami minta terus memantau aktivitas Gunung Merapi dari instansi berwenang (BPPTKG) dan merespon cepat jika ada peringatan dini,” katanya.

Ia mengatakan keamanan, kenyamanan dan keselamatan wisatawan atau pengunjung harus menjadi prioritas.

 
 
 
sumber : Antara
Bayu

OPINI : Apresiasi Langkah Cepat BIN Terhadap Gempa Cianjur

Previous article

Cara Mengatasi Doble Chin

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info