News

UGM Hilirisasi Pengolahan Sampah di Lereng Merapi

0
Sampah plastik
hilirisasi pengolahan sampah (Foto : Freepik)

STARJOGJA.COM – Melalui Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) UGM, lima mahasiswa UGM memperkenalkan hilirisasi sampah guna mengurangi sampah yang tidak terkelola dengan baik.

Mereka menggandeng Ibu-ibu PKK Huntap Dongkelsari. Kelompok PKK di Dusun Gungan, Desa Wukirsari, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Progam hilirisasi pengolahan sampah terpadu ini menggunakan konsep zero waste secara mandiri.

“Program yang kami jalankan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan hilirisasi pengolahan sampah terpadu,” terang Rafikal Djarot, salah satu mahasiswa pada Rabu (23/11).

Rafikal menjelaskan hilirisasi pengolahan sampah di huntap Dongkelsari penting. Sebab, pembangunan pengolahan sampah di kawasan tersebut berlum begitu masyarakat perhatikan.

Masih banyak sampah yang berserakan di sekitar rumah dan jalan huntap yang menjadi tempat tinggal masyarakat Gungan.

Baca Juga : Semar Proto, Mobil Listrik Terhemat Se-Asia

Mereka memberdayakan Ibu-Ibu PKK untuk turut berperan aktif dalam upaya penanganan sampah. Mereka pun memberikan pelatihan pemanfaatan maggot dan lele dalam ember. Lalu,  sosialisasi pengolahan sampah dari sumbernya untuk memulihkan kembali perekonomian dan meningkatkan kualitas  hidup warga dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan.

“Melalui program ini harapanya mampu menyadarkan masyarakat bahwa tanggung jawab terkait masalah sampah adalah tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah atau pihak lain saja,”tutup Rafikal. (Maylin Angelica)

Sumber : Humas UGM

 

UNY, Kembangkan Bakat Enterpreneur Lewat KMI Expo 2022

Previous article

OPINI : BIN Berikan Bantuan Kemanusiaan Secara Door To Door

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News