News

Wisata Pendidikan Sejarah di Monumen Kapal Selam Surabaya

0
Wisata Kapal Selam Surabaya
Wisata Kapal Selam Surabaya
STARJOGJA.COM, SURABAYA – Jalan jalan ke Surabaya sembari belajar sejarah? Bisa kok…ke monumen yang satu ini. Monumen Kapal Selam atau biasa kita kenal dengan Monkasel. Monumem ini berlokasi di tepi Kali Mas, atau di Jalan Pemuda No 39 Surabaya.
Kalau anda penyuka wisata museum, tentu saja Anda tidak akan melewatkan tempat yang satu ini ketika berkunjung ke Surabaya.
Monumen ini diresmikan pada tanggal 17 Juni 1998 oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Arief Kushariadi. Monumen Kapal Selam (Monkasel) merupakan sebuah Monumen Kapal Selam terbesar di kawasan Asia.
Bangunan Monumen ini asli menggunakan kapal selam yaitu KRI Pasopati 410 dari Satuan Kapal Selam Armada RI Kawasan Timur (Satselarmatim).

Monumen Kapal Selam

Kapal selam ini merupakan satu antara armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet tahub 1952 dengan type Whiskey Class. Kapal ini sempat turut bertindak dalam Pertempuran Laut Aru mengenai Irian Barat dengan Belanda.
Pemindahan kapal ini ke Surabaya ternyata bukan perkara mudah. KRI Pasopati harus terpotong menjadi 16 bagian dan selanjutnya berpindah ke area Monkasel kemudian mengalami perakitan kembali menjadi sebuah monumen.
Di dalam kapal selam ini terbagi menjadi 7 ruangan seperti: Ruangan torpedo haluan yang di kompliti dengan 4 peluncur torpedo, Ruangan periskop yang berfunsi jadi Pusat Info tempur, Ruangan Tinggal Perwira, Ruangan ABK (Anak Buah Kapal), Ruangan torpedo buritan, Ruangan listrik dan Ruangan diesel.
Berkunjung ke Monumen Kapal Selam dapat menjadi salah satu wisata keluarga yang mendidik. Di Monumen Kapal Selam juga terdapat berbagai fasilitas, antara lain, Anda bisa menonton film di Video Rama yang menyajikan sejarah kapal selam di Indonesia, dan penayangan setiap satu jam sekali ataupun menikmati sajian musik di panggung terbuka pada hari sabtu dan minggu.
Sedangkan di pinggir Kali Mas yang juga masih di dalam area monumen,saat malam hari anda bisa menikmati indahnya sungai berhiaskan lampu aneka warna.
Tiket Rp 15.000, anda bisa menikmati museum dan menonton film sejatah kapal selam.

“Indigo” RM BTS Telah Diluncurkan

Previous article

5 Desember 2022,  Liga 1 2022-2023 Resmi Dilanjutkan  

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News