JogjaKU

Angin Puting Beliung Terjang 142 Titik di Bantul

0
angin puting beliung bantul

STARJOGJA.COM, Info –  Tercatat ada 142 titik yang terdampak angin puting beliung di wilayah Kelurahan Selopamioro  Kecamatan Imogiri Bantul. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul menyebut angin puting telah melanda Bantul.

“Dampak kejadian puting beliung, totalnya ada di 142 titik,” kata Komandan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Bantul Aka Luk Luk Firmansyah saat dikonfirmasi di Bantul, Selasa malam.

Dia menyebutkan dampak angin puting beliung tersebut rinciannya adalah rumah tinggal sebanyak 138 titik, akses jalan satu titik, jaringan listrik satu titik , jaringan telepon satu titik, kandang ternak satu titik dan fasilitas umum satu titik.

Sebagian besar kerusakan rumah warga dan bangunan lainnya tersebut ada pada bagian atap karena diterjang angin puting beliung.

Baca juga : Angin Puting Beliung Landa Baciro dan Sorowajan

Hingga saat ini, kata dia, pihaknya belum bisa memastikan estimasi kerugian akibat kerusakan rumah tersebut, karena masih dihitung. “Masih dalam proses,” katanya.

Atas kejadian tersebut, BPBD Bantul mengimbau masyarakat selalu mewaspadai terhadap perubahan cuaca yang mendadak pada musim hujan ini.

Kepala Polsek (Kapolsek) Imogiri Kompol Suharno melalui pesan tertulis Humas Polres Bantul, mengatakan, telah menerjunkan personel untuk membantu evakuasi bersama personel Polres Bantul, TNI, BPBD Bantul, Tagana, RAPI, TRC, FPRB dan relawan.

“Saat ini sudah terkondisi dibantu sejumlah relawan. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut serta dalam proses evakuasi ini, termasuk kepada segenap relawan yang sudah bahu membahu menangani dampak kerusakan,” katanya.

Berdasarkan informasi, angin puting beliung itu terjadi sekitar pukul 12.45 WIB. Wilayah Kelurahan Selopamioro yang terdampak kejadian itu yaitu Dusun Kalidadap I, Dusun Kalidadap II, Dusun Srunggo I dan Dusun Srunggo II.

“Dari kejadian itu tidak ada korban jiwa, namun puluhan rumah warga mengalami kerusakan terutama pada bagian atapnya,” kata Kapolsek Imogiri.

 
sumber : Antara
Bayu

Multiverse of Show Malam Tahun Baru 2023 ala Ibis Styles Yogyakarta

Previous article

Alasan Mahar Kaesang Pangarep Rp300.000 

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU